7 TANDA KANDUNGAN YANG SEHAT, MOMS WAJIB TAHU YUK!

January 04, 2024 | Dea

ciri hamil sehat, ciri ciri hamil normal dan sehat, ciri kandungan sehat, ciri bayi sehat dalam kandungan, ciri ciri hamil muda yang sehat, ciri ciri hamil normal, cara mengetahui janin sehat tanpa usg, yesdok

Sobat Yesdok, kehamilan adalah momen yang luar biasa yang memerlukan perhatian khusus untuk kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Langkah pertama menuju persalinan yang aman dan kelahiran bayi yang sehat adalah dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan yang sehat. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Tanda Kandungan Sehat

Berikut ini beberapa tanda kehamilan yang sehat, antara lain:
 

1. Pertumbuhan Perut yang Stabil

Salah satu tanda positif kehamilan yang sehat adalah pertumbuhan perut yang stabil. Pertumbuhan ini harus sejalan dengan perkembangan bayi. Untuk memastikan pertumbuhan yang tepat, konsultasikan dengan profesional kesehatan.
 

2. Aktivitas Jantung Janin yang Teratur

Tanda kesehatan yang penting adalah mendengarkan detak jantung janin selama pemeriksaan prenatal. Bayi memiliki perkembangan yang baik jika detak jantungnya normal.
 

3. Gerakan Janin yang Terasa

Salah satu tanda kesehatan yang baik adalah gerakan janin yang konsisten. Ibu harus mengamati gerakan janin setiap saat. Jika ada perubahan dalam gerakannya, segera hubungi dokter.
 

4. Tekanan Darah Stabil 

Selama kehamilan, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan tekanan darah yang stabil. Tekanan darah tinggi dapat merupakan tanda masalah kesehatan yang memerlukan perawatan medis.
 

5. Berat Badan yang Meningkat dengan Sehat

Peningkatan berat badan yang normal selama kehamilan adalah normal. Menjaga berat badan dengan benar dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kesehatan yang lebih serius.
 

6. Kondisi Kulit yang Sehat

Kulit yang sehat dan bersinar dapat mencerminkan kesehatan kehamilan. Perhatikan perubahan warna, stretch mark, dan kelainan lainnya.
 

7. Kadar Gula Darah yang Terkendali

Selama kehamilan, menjaga kadar gula darah yang terkendali sangat penting karena kondisi seperti diabetes gestasional dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi.

 

Untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan yang lancar dan kelahiran bayi yang sehat, ibu hamil harus memperhatikan tanda-tanda kehamilan yang sehat dan melakukan pemeriksaan prenatal rutin.
 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter  kandungan agar mendapatkan edukasi dan pemeriksaan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.shchatswoodmedicalcentre.com.au/signs-healthy-pregnancy/

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=pregnancy-whats-normal-and-whats-not-1-4076

https://www.canada.ca/en/public-health/services/health-promotion/healthy-pregnancy/healthy-pregnancy-guide.html

https://www.gwinnettobgyn.com/News/have-a-healthy-pregnancy-7-signs-of-pre-labor

 

YesDok Ads