7 PERTOLONGAN PERTAMA ORANG TENGGELAM

January 19, 2024 | Dea

pertolongan pertama korban tenggelam, cara selamatkan orang tenggelam, first aid, cara melakukan cpr, cpr korban tenggelam, how to do cpr, what does cpr mean, what is cpr stand for, yesdok

Sobat Yesdok, tenggelam adalah peristiwa yang serius dan dapat berakibat fatal jika tidak diberikan pertolongan pertama dengan cepat dan tepat. Jika seseorang tenggelam, pengetahuan tentang tindakan pertolongan pertama yang tepat dan cepat dapat memengaruhi kehidupan atau kematian orang tersebut. Artikel ini akan membahas tujuh pertolongan pertama penting untuk korban tenggelam.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Pertolongan Pertama

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk pertolongan pertama menyelamatkan korban tenggelam, antara lain:
 

1. Evaluasi Keadaan Keselamatan

Sebelum memberikan pertolongan pertama, pastikan bahwa lingkungan anda aman dan jangan mengorbankan keselamatan anda sendiri, jika mungkin, panggil bantuan darurat segera.
 

2. Keluarkan Korban dari Air

Pastikan anda tidak membahayakan diri sendiri saat mengeluarkan korban yang masih berada di dalam air.
 

3. Periksa Pernapasan dan Detak Jantung

Setelah mengevakuasi korban, catat detak jantung dan pernapasan. Jika tidak ada, mulailah resusitasi jantung paru (CPR) sesuai dengan pedoman resmi. 
 

4. Panggil Bantuan Darurat

Meskipun anda memberikan pertolongan pertama, penting untuk memanggil bantuan darurat segera agar tim medis dapat tiba secepat mungkin. 
 

5. Jaga Suhu Tubuh Korban

Setelah korban diangkat dari air, lindungi dia dari hipotermia dengan melindunginya dengan selimut atau pakaian lain.
 

6. Observasi Gejala Lain

Observasi gejala tambahan seperti muntah, kesulitan bernapas, atau tanda-tanda cedera selain detak jantung dan pernapasan. Saat petugas medis tiba, beritahu mereka tentang hal ini.
 

7. Berikan Dukungan Emosional

Tenggelam bisa memberikan dampak emosional yang besar pada korban dan saksi. Berikan dukungan emosional kepada korban dan saksi yang mungkin merasa terkejut atau ketakutan.

Pertolongan pertama kepada orang yang tenggelam membutuhkan respons cepat dan pengetahuan yang baik. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat meningkatkan peluang keselamatan korban. Jangan lupa untuk selalu menambah pengetahuan anda tentang pertolongan pertama dan melakukan latihan simulasi untuk mempersiapkan diri untuk situasi darurat.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.webmd.com/first-aid/drowning-treatment

https://www.sja.org.uk/get-advice/first-aid-advice/breathing-difficulties/child-drowning/

https://www.redcross.org.uk/stories/health-and-social-care/first-aid/five-things-to-know-about-drowning-in-open-water

YesDok Ads