7 PENYEBAB SESEORANG MELAKUKAN MODUS OPERANDI

March 08, 2024 | Dea

modus operandi, modus operandi adalah, gabber modus operandi, apa itu modus operandi, modus operandi meaning, contoh modus operandi, modus operandi artinya, modus operandi penipuan online, yesdok

Sobat Yesdok, metode atau pola perilaku yang digunakan oleh pelaku kejahatan saat melakukan tindakan kriminal disebut modus operandi (MO). Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih metode tertentu. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Penyebab Modus Operandi

Berikut adalah tujuh penyebab umum alasan seseorang melakukan modus operandi, antara lain:
 

1. Pengalaman dan Pelatihan

Pelatihan dan pengalaman membantu banyak pelaku kejahatan mengembangkan MO mereka. Mereka mungkin belajar dari kesalahan atau kesuksesan mereka sebelumnya dan menyesuaikan metode mereka dengan pengalaman mereka dari tindakan kriminal sebelumnya.
 

2. Pilihan Strategis

Dalam pengembangan MO, pilihan strategis sering menjadi bagian penting. Pelaku kejahatan mungkin memilih metode yang mereka pikir dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan mereka atau mengurangi risiko ditangkap. Ini bisa termasuk memilih sasaran yang mudah atau memilih waktu dan tempat yang tepat untuk melakukan kejahatan.
 

3. Penyesuaian dengan Lingkungan

Tempat kejahatan juga dapat memengaruhi MO, pelaku kejahatan sering kali harus menyesuaikan strategi mereka dengan keadaan, seperti keamanan fisik lokasi atau kehadiran saksi.
 

4. Motivasi Kriminal

Selain itu, motivasi kriminal yang mendasari tindakan seseorang dapat memengaruhi penggunaan MO mereka. Misalnya, seseorang yang mencuri barang mungkin memiliki motivasi yang berbeda dari seseorang yang melakukan kekerasan fisik atau manipulasi psikologis.
 

5. Menghindari Penangkapan

Beberapa pelaku kejahatan menggunakan MO untuk menghindari penangkapan. Mereka mungkin membuat metode yang sulit dilacak oleh penegak hukum atau mengurangi jejak mereka.
 

6. Kontrol Emosi

Beberapa pelaku kejahatan mungkin menggunakan MO untuk menjaga kontrol atas situasi atau untuk mengurangi risiko kekerasan yang tidak terkendali. Kontrol emosi juga dapat menjadi faktor dalam penggunaan MO.
 

7. Kepuasan Psikologis

Faktor penting dalam tindakan kejahatan adalah kepuasan psikologis. Beberapa pelaku kejahatan mungkin menggunakan MO tertentu untuk mendapatkan kepuasan atau kontrol atas korban atau situasi tertentu.
 

Penegak hukum dan ahli kriminologi dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pola perilaku pelaku kejahatan dan membuat strategi investigasi yang lebih baik dengan mengetahui mengapa modus operandi digunakan.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10360985/

https://www.aic.gov.au/publications/tandi/tandi346

https://www.psychologytoday.com/us/blog/wicked-deeds/201506/serial-killers-modus-operandi-signature-staging-posing

 

YesDok Ads