7 PENYEBAB RAMBUT RONTOK PARAH

February 27, 2024 | Dea

penyebab rambut rontok, cara mengatasi rambut rontok, rambut rontok, penyebab rambut rontok parah, rambut rontok parah, kenapa rambut sering rontok, apa penyebab rambut rontok, yesdok

Sobat Yesdok, rambut adalah bagian penting dari penampilan seseorang, dan kehilangan rambutnya bisa menjadi pengalaman yang sulit secara emosional. Banyak orang, baik pria maupun wanita, menghadapi masalah rambut rontok yang parah.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Penyebab Rambut Rontok 

Berikut adalah tujuh faktor utama yang dapat menyebabkan rambut rontok parah, antara lain:

 

1. Kondisi Genetik 

Faktor genetik atau keturunan adalah penyebab paling umum dari rambut rontok parah. Kebotakan androgenetic, yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi, mempengaruhi pertumbuhan rambut di beberapa area kepala.
 

2. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal dalam tubuh, seperti yang terjadi selama kehamilan, menopause, atau kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), dapat menyebabkan rambut rontok yang parah pada wanita. Perubahan hormonal juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut pada pria.
 

3. Gangguan Kesehatan dan Medis

Sebagian besar kondisi medis dapat menyebabkan rambut rontok parah. Penyakit tiroid, lupus, diabetes, dan infeksi kulit adalah beberapa contohnya. Penyakit autoimun seperti alopecia areata juga dapat menyebabkan rambut rontok.
 

4. Efek Samping Obat

Kemoterapi, pengobatan untuk tekanan darah tinggi, masalah jantung, arthritis, depresi, dan kontrasepsi hormonal adalah beberapa obat yang dapat menyebabkan rambut rontok parah.
 

5. Gaya Hidup dan Kebiasaan Buruk

Rambut rontok yang parah juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola makan yang tidak seimbang, kekurangan nutrisi tertentu, merokok, dan terlalu banyak alkohol.
 

6. Stres Emosional dan Fisik

Telogen effluvium, kondisi di mana rambut mengalami fase istirahat yang diperpanjang, menyebabkan banyak rambut rontok dalam waktu singkat, dapat disebabkan oleh stres fisik atau emosional yang berkepanjangan.
 

7. Perlakuan Rambut yang Berlebihan

Penggunaan berlebihan alat pemanas seperti hair dryer, catok, atau pelurusan rambut, serta perawatan kimia seperti pewarnaan dan pemutihan rambut dapat menyebabkan rambut rontok dan kerusakan pada akar rambut.

Ingatlah bahwa berbagai faktor dapat menyebabkan rambut rontok parah, dan dokter atau ahli dermatologi seringkali memerlukan diagnosa yang tepat untuk menentukan penyebab utamanya. Dengan memahami penyebab potensial ini, anda dapat mengatasi atau mencegah rambut rontok parah dan mempertahankan kesehatan rambut. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/16921-hair-loss-in-women

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hair-loss/symptoms-causes/syc-20372926

https://www.medicalnewstoday.com/articles/327005

 

YesDok Ads