7 PENYEBAB MUNCULNYA MIOM PADA WANITA

January 03, 2024 | Dea

ciri ciri miom ganas, ciri miom, penyakit miom disebabkan oleh, beda miom dan kista, penyebab miom dan kista, makanan penyebab miom, ciri ciri miom membesar, penyebab miom membesar, yesdok

Sobat Yesdok, Fibroid uterine juga dikenal sebagai miom, adalah tumor jinak yang tumbuh pada dinding rahim wanita. Meskipun biasanya tidak kanker, miom dapat menyebabkan berbagai gejala dan komplikasi. Berdasarkan data dari sumber-sumber terpercaya seperti NCBI, Mayo Clinic, Cleveland Clinic, dan Healthdirect, artikel ini akan mengeksplorasi tujuh alasan mengapa wanita dapat mengalami miom.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



7 Penyebab Miom

Berikut ini beberapa penyebab munculnya miom pada  wanita, antara lain:
 

1. Faktor Genetik dan Keturunan

Menurut NCBI, bahwa faktor genetik dan keturunan dapat memainkan peran dalam munculnya miom. Wanita dengan riwayat keluarga miom memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi ini.
 

2. Hormon Estrogen

Menurut Mayo Clinic, estrogen dapat merangsang pertumbuhan sel-sel pada rahim, termasuk sel-sel yang membentuk miom, karena produksi hormon estrogen meningkat selama masa subur dan kehamilan.
 

3. Pengaruh Hormon Progesteron

Progesteron, selain estrogen, juga dapat memengaruhi perkembangan miom. Tingginya kadar progesteron selama kehamilan atau penggunaan kontrasepsi hormonal dapat menjadi faktor risiko kehamilan.
 

4. Usia dan Perubahan Hormonal

Miom lebih sering terjadi pada wanita usia reproduktif, terutama di antara usia 30 hingga 40 tahun. Perubahan hormonal yang terjadi selama masa ini, seperti penurunan kadar estrogen dan progesteron selama masa menopause, dapat memengaruhi perkembangan miom.
 

5. Etnisitas dan Ras

Menurut Cleveland Clinic, wanita beretnis Afrika-Amerika memiliki miom lebih sering dibandingkan dengan wanita dari etnis lainnya. Perbedaan ini mungkin disebabkan oleh gen dan lingkungan.
 

6. Obesitas dan Gaya Hidup

Menurut Healthdirect, obesitas dikaitkan dengan risiko terkena miom. Kelebihan berat badan juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon dan menyebabkan pertumbuhan miom.
 

7. Gangguan Imunologis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peradangan jangka panjang pada rahim atau gangguan sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan perkembangan miom. Sistem kekebalan yang tidak seimbang juga dapat memengaruhi respons tubuh terhadap pertumbuhan sel yang tidak normal.
 

Miom pada wanita adalah kondisi yang kompleks yang dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mengetahui penyebab potensial munculnya miom dapat membantu wanita menjaga kesehatan reproduktif mereka. 

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK538273/

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-fibroids/symptoms-causes/syc-20354288

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9130-uterine-fibroids

https://www.healthdirect.gov.au/uterine-fibroids

 

YesDok Ads