7 PENYEBAB KANKER PERUT

March 25, 2024 | Dea

kanker perut, ciri ciri kanker perut, gejala kanker perut, ciri kanker perut, kanker perut gejala, penyebab kanker perut, kanker perut adalah, yesdok

Sobat Yesdok, jenis kanker yang mempengaruhi organ lambung dan dapat memengaruhi kesehatan seseorang adalah kanker perut, juga dikenal sebagai kanker lambung. Meskipun gejala kanker perut seringkali tidak jelas pada tahap awal penyakit, memahami tanda-tanda yang mungkin muncul dapat membantu mendeteksi penyakit dan mendapatkan pengobatan yang lebih baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Penyebab Kanker Perut

Berikut adalah 7 gejala yang perlu anda waspadai, antara lain:
 

1. Nyeri atau Ketidaknyamanan di Perut

Rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah perut adalah salah satu gejala awal kanker perut. Rasa sakit ini mungkin berlangsung lama dan terus-menerus atau muncul secara sporadis.
 

2. Nafsu Makan Menurun

Penurunan nafsu makan yang signifikan sering terjadi pada penderita kanker perut. Mereka mungkin merasa cepat kenyang saat makan atau tidak tertarik pada makanan secara keseluruhan.
 

3. Mual dan Muntah

Salah satu gejala umum kanker perut adalah mual dan muntah. Penderita mungkin mengalami mual secara terus-menerus, terutama setelah makan, dan mereka mungkin muntah lebih sering.
 

4. Perdarahan

Kanker perut dapat menyebabkan perdarahan internal yang tidak terlihat secara langsung. Tanda-tanda perdarahan mungkin termasuk muntah darah atau tinja berwarna hitam.
 

5. Anemia

Anemia dapat terjadi karena kanker perut, yang terjadi karena perdarahan yang terjadi di lambung. Gejala anemia termasuk kelelahan, lemah, dan kulit pucat.
 

6. Penurunan Berat Badan yang Tidak Disengaja

Jika seseorang kehilangan berat badan secara tidak sengaja, tetapi tidak ada perubahan yang signifikan dalam pola makan atau aktivitas fisik, ini dapat menjadi tanda kanker perut.
 

7. Pembengkakan di Perut

Asites, pembengkakan atau penumpukan cairan di perut, adalah hasil dari kanker perut. Pembengkakan ini dapat meningkatkan lingkar perut dan menyebabkan ketidaknyamanan fisik.

 



Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cancer.org.au/cancer-information/types-of-cancer/stomach-cancer

https://www.cancer.org/cancer/types/stomach-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html

https://www.carenewengland.org/blog/top-signs-stomach-cancer

 

YesDok Ads