7 PENYEBAB INFEKSI CELLULITIS PADA ANAK

January 29, 2024 | Dea

cellulitis symptoms, penyakit kulit selulitis, penyebab selulitis, selulitis di kaki, gejala selulitis, selulitis adalah, cellulitis adalah, infeksi selulitis, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda terkait Cellulitis? Penyakit ini adalah infeksi bakteri pada kulit yang biasanya disebabkan oleh Streptococcus atau Staphylococcus. Infeksi ini dapat berkembang cepat pada anak-anak, jadi sangat penting untuk mendeteksi penyakit ini segera untuk menghindari komplikasi serius. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Penyebab Cellulitis pada Anak

Bakteri dapat memasuki kulit melalui luka atau lecet dan menyebabkan infeksi kulit yang dikenal sebagai cellulitis. Pada anak-anak, terdapat beberapa penyebab umum infeksi cellulitis yang perlu diperhatikan, antara lain:
 

1. Luka atau Lecet

Bakteri dapat masuk ke kulit melalui luka, goresan, atau luka, menyebabkan infeksi cellulitis.
 

2. Gigitan Serangga atau Hewan

Gigitan hewan atau serangga, seperti kucing atau anjing, dapat menyebabkan infeksi cellulitis jika bakteri masuk ke kulit melalui luka atau lecet.
 

3. Infeksi Kuku atau Kutil

Selain itu, kemungkinan terkena cellulitis dapat meningkat karena kebiasaan menggigit kuku atau memotong kuku yang tidak bersih.
 

4. Eksim atau Dermatitis

Kulit yang menderita kondisi kronis seperti dermatitis atau eksim lebih rentan terhadap infeksi cellulitis karena kondisi ini dapat membuat kulit lebih mudah rusak dan menjadi pintu masuk bagi bakteri.
 

5. Penyakit Kulit

Ada kemungkinan beberapa penyakit kulit, seperti psoriasis atau impetigo, membuat kulit menjadi lebih buruk dan meningkatkan kemungkinan infeksi cellulitis.
 

6. Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

Anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah karena kondisi medis atau pengobatan tertentu lebih rentan terinfeksi cellulitis.
 

7. Hygiene yang Buruk

Perawatan kulit yang tidak cukup atau kebersihan kulit yang buruk dapat meningkatkan kemungkinan infeksi cellulitis. Bakteri dapat tumbuh di kulit karena kebersihan yang buruk.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/conditions/cellulitis/

https://www.healthline.com/health/cellulitis-in-children

https://kidshealth.org/en/teens/cellulitis.html

YesDok Ads