7 MANFAAT TIDUR TANPA CAHAYA DALAM KESEHATAN

January 22, 2024 | Dea

manfaat tidur tanpa lampu, manfaat tidur malam tanpa lampu, manfaat tidur tanpa lampu bagi kesehatan, manfaat tidur tanpa lampu menyala, tidur tanpa lampu dan kesehatan, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu faktor yang sering diabaikan adalah kehadiran cahaya di ruangan tidur, ternyata tidur tanpa cahaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Ini karena tidur adalah komponen penting dari kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Manfaat Tidur Tanpa Cahaya

Berikut ini beberapa manfaat tidur tanpa cahaya, antara lain:
 

1. Peningkatan Produksi Melatonin

Tubuh membuat hormon melatonin secara alami saat cahaya mulai berkurang, yang membantu mengatur siklus tidur dan mempersiapkan tubuh untuk istirahat yang mendalam. Produksi melatonin meningkat saat tidur tanpa cahaya.
 

2. Peningkatan Kualitas Tidur

Cahaya dapat mengganggu kualitas tidur, terutama cahaya biru yang berasal dari perangkat elektronik. Tidur tanpa cahaya memungkinkan anda tidur dalam lingkungan yang lebih gelap, yang meningkatkan kemampuan untuk memasuki tahap tidur yang lebih dalam dan menyelesaikan pekerjaan anda dengan sempurna.
 

3. Regulasi Jam Biologis

Tidak ada cahaya selama tidur dapat memengaruhi jam biologis tubuh. Tidur tanpa cahaya membantu menjaga jam biologis tubuh yang sehat, mendukung regulasi sirkadian, dan menjaga keseimbangan hormonal penting.
 

4. Mengurangi Risiko Gangguan Tidur

Tingkat cahaya yang tinggi di sekitar tempat tidur dapat meningkatkan risiko gangguan tidur, seperti insomnia. Tidur tanpa cahaya membantu mengurangi risiko ini dan menciptakan suasana yang lebih tenang dan nyaman untuk tidur.
 

5. Mendukung Kesehatan Mental

Paparan cahaya di malam hari dapat memengaruhi kesehatan mental dan memicu masalah seperti depresi dan kecemasan. Tidur tanpa cahaya juga membantu menjaga keseimbangan hormonal dan melindungi anda dari risiko gangguan mental.
 

6. Pemulihan Fisik yang Optimal

Tidur tanpa cahaya memungkinkan tubuh untuk fokus pada proses pemulihan. Selama tidur, tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan sistem kekebalan, dan mengatur kembali fungsi-fungsi tubuh yang penting.
 

7. Meningkatkan Konsentrasi dan Kewaspadaan

Kualitas tidur yang baik memiliki dampak langsung pada konsentrasi dan kewaspadaan saat bangun dari tidur. Tidur tanpa cahaya juga membantu menjaga kualitas tidur yang baik dan jumlah tidur yang cukup, yang mendukung fungsi kognitif yang optimal sepanjang hari.

Kebiasaan tidur tanpa cahaya dapat membantu anda menjadi lebih baik dalam kesehatan dan kesejahteraan. Dengan membuat tempat tidur yang gelap dan tenang, anda dapat memaksimalkan manfaat tidur untuk pikiran dan tubuh.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/sleeping-with-the-lights-on#impact-of-light-on-sleep

https://www.sleepfoundation.org/bedroom-environment/sleeping-with-the-lights-on

https://www.npr.org/sections/health-shots/2022/04/01/1089997121/light-disrupts-sleep

YesDok Ads