7 MAKANAN TINGKATKAN KUALITAS SPERMA

January 04, 2024 | Dea

makanan penyubur sperma, makanan memperbanyak sperma, makanan agar sperma banyak, makanan untuk memperbaiki kualitas sperma, makanan yang membuat sperma manis, yesdok

Sobat Yesdok, kualitas sperma sangat penting untuk kesuburan pria, dan faktor makanan dapat memengaruhi kualitas sperma untuk membantu kesuburan dan kesehatan reproduksi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Makanan Tingkatkan Sperma

Berikut merupakan tujuh makanan yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, antara lain:
 

1. Alpukat 

Alpukat penuh dengan asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan kesehatan sel dan membran sperma, dan vitamin E, yang melindungi sperma dari kerusakan oksidatif.
 

2. Telur

Telur mengandung banyak protein dan mengandung zinc dan vitamin E, keduanya berfungsi untuk meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan motilitas sperma.
 

3. Buah Semangka 

Likopen, senyawa antioksidan yang meningkatkan motilitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan radikal bebas, dapat ditemukan dalam buah semangka.
 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian 

Untuk produksi sperma yang sehat, kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji-bijian seperti biji labu mengandung zinc. Selain itu, selenium dalam kacang-kacangan dapat meningkatkan motilitas sperma.
 

5. Pisang  

Pisang mengandung enzim bromelain, yang dapat meningkatkan libido dan mengontrol hormon pria. Kandungan vitamin B6 juga membantu membuat hormon yang mendukung kesehatan sperma.
 

6. Ikan Berlemak 

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan berlemak seperti sarden, salmon, dan tuna memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan sperma dan mengurangi kemungkinan peradangan dalam sistem reproduksi.
 

7. Brokoli 

Brokoli mengandung sulforaphane, yang melindungi sperma dari kerusakan sel, selain menjadi sumber asam folat yang baik yang dapat mendukung produksi sperma yang sehat.
 

Memiliki pola makan yang seimbang dan mengonsumsi makanan ini setiap hari dapat berdampak positif pada kualitas sperma. Selain itu, jika anda memiliki pertanyaan atau masalah kesuburan yang signifikan, selalu konsultasikan dengan dokter.

 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.

 

REFERENSI

https://www.onefertilitykitchenerwaterloo.com/foods-increase-sperm-count-motility/

https://aveya.in/10-foods-to-boost-your-sperm-count/

https://www.fertility-academy.co.uk/blog/foods-for-fertility-7-foods-to-boost-fertility/

 

YesDok Ads