7 MAKANAN TINGKATKAN DAYA INGAT ANAK

January 09, 2024 | Dea

makanan yang membuat daya ingat kuat, makanan penambah daya ingat, penambah daya ingat, makanan untuk kesehatan otak, makanan untuk otak, yesdok

Sobat Yesdok, tidak dapat diabaikan betapa pentingnya nutrisi yang tepat untuk perkembangan anak, terutama untuk mendukung daya ingat dan fungsi kognitif mereka. Artikel ini akan membahas tujuh makanan hebat yang telah terbukti dapat meningkatkan daya ingat anak.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Makanan Tingkatkan Daya Ingat

Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan daya ingat anak, antara lain:
 

1. Ikan Berlemak, Seperti Salmon dan Sardine

Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat), yang sangat penting untuk pertumbuhan otak anak. DHA banyak ditemukan di otak dan bertanggung jawab atas fungsi saraf dan daya ingat.
 

2. Telur 

Telur mengandung banyak kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk pembuatan neurotransmitter, yaitu senyawa kimia yang memainkan peran penting dalam pengiriman sinyal di otak. Kolin juga dapat membantu memperkuat daya ingat dan konsentrasi, yang merupakan manfaat dari telur.
 

3. Buah Berry 

Buah-buahan kaya antioksidan yang disebut flavonoid, yang membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan mendukung kesehatan sel saraf, yang membantu daya ingat.
 

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian 

Makanan kaya nutrisi seperti vitamin E, asam lemak omega-3, dan antioksidan dapat ditemukan dalam biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji chia, kenari, dan almond. Ini meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak.
 

5. Sayuran Berdaun Hijau 

Banyak nutrisi terkandung dalam sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kale. Vitamin K dan folat terkait dengan peningkatan fungsi kognitif, dan folat mendukung perkembangan sel otak.
 

6. Yogurt dan Produk Susu Fermentasi

Yogurt mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu saluran pencernaan tetap sehat. Keseimbangan neurotransmitter otak, yang berhubungan dengan daya ingat dan fungsi kognitif, dapat dipengaruhi oleh kesehatan usus.
 

7. Oatmeal 

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap dan mempertahankan konsentrasi anak. Selain itu, mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

 

Penting untuk diingat bahwa menjaga kesejahteraan anak secara keseluruhan dipengaruhi oleh gaya hidup sehat dan pola makan yang seimbang. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.uclahealth.org/news/baby-brain-food-7-foods-to-fuel-brain-development

https://www.healthline.com/nutrition/brain-food-for-kids

https://www.medicalnewstoday.com/articles/brain-food-for-kids

 

YesDok Ads