7 KEBIASAAN CEGAH PEMBESARAN PROSTAT, BIASAKAN DIRI YUK!

December 12, 2023 | Dea

pencegahan prostat, pencegahan prostatitis, cara mencegah kanker prostat, cara mencegah prostat, mencegah prostat, cara mencegah prostatitis, mencegah kanker prostat, pencegahan kanker prostat, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa organ dalam sistem reproduksi, pria memiliki satu kelenjar yang krusial dalam menghasilkan sperma yaitu prostat. Selain itu kelenjar ini juga memberikan peranan penting dalam mengatur aliran urine. Namun sering kali terjadi masalah pada kelenjar tersebut, salah satunya yaitu ketika prostat membesar, misalnya akibat proses penuaan atau masalah kesehatan tertentu, dapat menyebabkan tekanan pada uretra dan mempengaruhi kemampuan pria untuk berkemih dengan normal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Kebiasaan Cegah Pembesaran Prostat

Meskipun pembesaran prostat, juga dikenal sebagai hiperplasia prostat, adalah kondisi umum yang biasanya terjadi pada pria yang lebih tua, beberapa kebiasaan sehat dapat membantu mencegah atau mengelola kondisi tersebut. 

Berikut merupakan beberapa kebiasaan yang dapat membantu menjaga kesehatan prostat, antara lain:
 

1. Makan Sehat dan Seimbang 

Makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk menjaga prostat tetap sehat. Fokus pada mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein sehat dan menghindari makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula. Ini dapat membantu menjaga berat badan Anda tetap sehat dan juga menurunkan risiko pembesaran prostat.
 

2. Pilih Makanan yang Baik untuk Prostat

Beberapa makanan diketahui dapat membantu kesehatan prostat. Makanan seperti tomat, brokoli, kubis, kacang-kacangan, dan buah beri mengandung nutrisi seperti selenium dan likopen yang dapat membantu menjaga kesehatan prostat.
 

3. Pertahankan Berat Badan Sehat

Karena obesitas terkait dengan peningkatan resiko pembesaran prostat, menjaga berat badan yang sehat dengan melakukan aktivitas fisik teratur dan makan makanan yang sehat dapat membantu mengurangi risiko tersebut.
 

4. Olahraga Rutin

Olahraga teratur memiliki efek positif pada kesehatan prostat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki, berenang, atau bersepeda dapat mempertahankan kesehatan prostat dan mengurangi risiko pembesaran.
 

5. Batasi Konsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol dan kafein dapat memengaruhi kesehatan prostat. Batasi konsumsi alkohol dan kafein untuk mendukung kesehatan prostat Anda.
 

6. Jaga Keseimbangan Hormon

Kesehatan prostat dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi seiring penuaan. Konsultasikan dengan dokter tentang metode pengendalian hormon yang paling sesuai untuk Anda.
 

7. Rutin Memeriksakan Kesehatan

Berkonsultasi dengan dokter secara teratur dan melakukan tes prostat sesuai petunjuk medis adalah cara penting untuk mendeteksi masalah prostat sejak dini.
 

Anda dapat menjaga kesehatan umum tubuh Anda dan mencegah atau mengurangi risiko pembesaran prostat dengan mengadopsi kebiasaan hidup sehat ini. Pastikan untuk tetap konsisten dalam menerapkan perubahan ini untuk hasil terbaik.

Namun sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter spesialis urologi agar dapat mendapatkan penanganan yang optimal. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321079#foods-to-avoid

https://www.pcf.org/c/five-foods-to-protect-your-prostate/

https://www.health.harvard.edu/mens-health/10-diet-and-exercise-tips-for-prostate-health

 

YesDok Ads