7 GEJALA KANKER PERUT

March 25, 2024 | Dea

kanker perut, ciri ciri kanker perut, gejala kanker perut, ciri kanker perut, kanker perut gejala, penyebab kanker perut, kanker perut adalah, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu jenis kanker yang dapat sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang adalah kanker perut, juga dikenal sebagai kanker lambung. Karena gejala kanker perut seringkali tidak jelas dan mungkin tidak terlihat pada tahap awal, diagnosis menjadi lebih sulit. Namun, mengetahui gejala kanker perut dapat membantu dalam deteksi dini dan pengobatan yang lebih baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Gejala Kanker Perut

Berikut adalah 7 gejala kanker perut yang perlu diketahui, antara lain:
 

1. Nyeri Abdominal yang Persisten

Salah satu gejala kanker perut yang paling umum adalah nyeri atau ketidaknyamanan yang berlangsung di daerah perut. Nyeri ini mungkin berat atau terus-menerus, terutama setelah makan. Namun, perlu diingat bahwa nyeri perut juga bisa disebabkan oleh berbagai kondisi lainnya.
 

2. Perubahan pada Pola Makan

Salah satu tanda kanker perut adalah perubahan tiba-tiba pada pola makan, seperti kehilangan nafsu makan atau merasa kenyang cepat bahkan setelah makan sedikit. Perubahan pola makan ini juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
 

3. Mual dan Muntah

Jika mual dan muntah tidak terkait dengan kondisi lain, seperti flu, atau makanan yang tidak sehat, gejala kanker perut dapat muncul secara bertahap atau menjadi kronis seiring waktu.
 

4. Perdarahan dalam Saluran Pencernaan

Tinja berwarna hitam atau berdarah, yang disebut melena, dapat disebabkan oleh perdarahan saluran pencernaan. Jika mengalami gejala ini, segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 

5. Anemia

Anemia yang ditandai dengan kelelahan, kulit pucat, dan sesak napas, dapat disebabkan oleh kanker perut yang menyebabkan perdarahan kronis. Gejala kanker perut sering kali termasuk anemia
 

6. Pembengkakan Abdominal

Pada tahap lanjut kanker perut, pembengkakan atau penumpukan cairan di area perut yang disebut asites sering terjadi. Pembengkakan ini dapat menyebabkan perut terasa penuh atau berat.
 

7. Gangguan pada Pencernaan

Selain itu, gejala gangguan pencernaan seperti mulas, kembung, atau perasaan tidak nyaman di perut dapat menjadi tanda kanker perut. Gejala ini mungkin menjadi lebih sering dan lebih parah seiring waktu.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cancer.org.au/cancer-information/types-of-cancer/stomach-cancer

https://www.cancer.org/cancer/types/stomach-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html

https://www.carenewengland.org/blog/top-signs-stomach-cancer

 

YesDok Ads