7 GEJALA KANKER MATA ATAU KANKER OKULAR

April 04, 2024 | Dea

kanker mata, ciri ciri kanker mata, kanker bola mata, penyebab kanker mata, kanker mata pada anak, ciri kanker mata stadium awal, gejala awal kanker mata, kanker mata gejala, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun jarang, kanker mata dapat memiliki gejala awal yang penting untuk dikenali segera untuk pengobatan yang lebih baik. Memahami gejala kanker mata atau kanker okular dapat membantu pasien segera mendapatkan perawatan dan mengurangi risiko komplikasi yang lebih serius.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Kanker Okular

Berikut ini adalah gejala kanker mata atau kanker okular pada seseorang, antara lain:
 

1. Perubahan pada Penglihatan

Perubahan yang signifikan pada penglihatan, yang bisa berupa penurunan tiba-tiba dalam kemampuan melihat, kabur, atau gangguan penglihatan yang tidak dapat dijelaskan dengan kondisi mata lainnya, adalah salah satu gejala yang sering kali menjadi tanda awal kanker mata.
 

2. Kilau atau Cahaya Aneh

Kilauan atau cahaya aneh di bidang penglihatan seseorang dapat menjadi tanda adanya tumor yang menekan struktur di dalam mata atau kerusakan retina yang menyebabkan sensasi cahaya yang tidak biasa.
 

3. Penglihatan Ganda

Penglihatan ganda atau diplopia dapat menjadi gejala kanker mata, terutama jika muncul tanpa alasan yang jelas atau secara tiba-tiba. Bisa jadi karena masalah saraf atau struktur dalam mata.
 

4. Perubahan Warna pada Iris

Perubahan warna pada iris mata yang tiba-tiba atau menjadi lebih gelap dapat merupakan gejala kanker mata. Perubahan warna ini dapat terjadi secara bertahap atau tiba-tiba, tergantung pada jenis kanker mata yang mungkin ada.
 

5. Mata Merah atau Berdarah

Ini dapat menyebabkan mata menjadi merah atau berdarah ketika pembuluh darah di mata pecah atau terjadi perdarahan di dalamnya. Ini dapat terjadi karena berbagai kondisi mata lainnya, tetapi ini juga bisa menjadi tanda kanker mata, terutama jika terjadi tanpa alasan yang jelas.
 

6. Pembengkakan atau Benjolan di atau Sekitar Mata

Perhatikan perubahan bentuk atau ukuran benjolan dari waktu ke waktu. Benjolan atau pembengkakan di atau sekitar mata, terutama yang terasa keras atau tidak nyaman, bisa menjadi tanda adanya tumor atau pertumbuhan abnormal lainnya.
 

7. Sensasi Nyeri atau Ketidaknyamanan

Gejala kanker mata dapat termasuk nyeri atau ketidaknyamanan di dalam atau sekitar mata, terutama jika itu terjadi secara terus-menerus atau tidak biasa bagi seseorang. Tumor mungkin menekan saraf-saraf di sekitarnya atau menyebabkan iritasi pada jaringan mata, yang menyebabkan sensasi ini.




Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/eye-cancer/risks-causes

https://www.cancer.org/cancer/types/eye-cancer/causes-risks-prevention/what-causes.html

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/eye-melanoma/symptoms-causes/syc-20372371

 

YesDok Ads