7 GAYA BELAJAR YANG EFEKTIF DITERAPKAN PELAJAR

January 19, 2024 | Dea

apa itu gaya belajar, gaya belajar adalah, gaya belajar siswa, contoh gaya belajar, jenis jenis gaya belajar, tipe gaya belajar, macam macam gaya belajar, tipe belajar, yesdok

Sobat Yesdok, proses belajar siswa dapat menjadi lebih efektif jika telah menemukan gaya belajar yang sesuai dengan kepribadiannya. Mengakui gaya belajar masing-masing siswa membantu meningkatkan pemahaman, retensi informasi, dan hasil akademik secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Gaya Belajar Efektif Bagi Pelajar

Berikut adalah tujuh gaya belajar yang efektif yang dapat diterapkan oleh pelajar, antara lain:
 

1. Gaya Belajar Visual

Untuk meningkatkan pemahaman mereka, siswa visual dapat membuat mind map, menggunakan kartu gambar, atau menonton presentasi visual.
 

2. Gaya Belajar Auditori (Pendengar)

Pelajar yang mendengarkan cenderung belajar lebih baik dengan mendengarkan. Untuk memperkuat pemahaman mereka, mereka dapat menggunakan rekaman suara, berbicara dengan teman, atau menjelaskan materi secara lisan.
 

3. Gaya Belajar Kinestetik (Gerak)

Pelajar kinestetik belajar melalui pengalaman langsung. Mereka dapat belajar dari simulasi, permainan peran, atau mempraktikkan konsep fisik.
 

4. Gaya Belajar Taktis (Bermain)

Pelajar taktis lebih suka belajar melalui permainan dan aktivitas praktis. Mereka dapat membuat kartu flash interaktif, memainkan permainan edukatif, atau mengerjakan proyek kolaboratif.
 

5. Gaya Belajar Logis (Rasional)

Pelajar logis dapat membuat diagram alir, memecahkan masalah secara sistematis, atau memecah informasi menjadi bagian-bagian logis.
 

6. Gaya Belajar Sosial

Pelajar sosial lebih suka belajar dalam kelompok dan berinteraksi dengan orang lain. Proyek kelompok, tutoran bersama, dan diskusi kelompok dapat membantu mereka memahami lebih baik.
 

7. Gaya Belajar Soliter

Pelajar yang soliter lebih suka belajar sendiri. Mereka dapat menggunakan pembelajaran mandiri, membaca buku, atau membuat catatan untuk meningkatkan pemahaman mereka.

Penting untuk diingat bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi beberapa gaya belajar dengan jenis kecerdasan yang dimiliki setiap orang. Oleh karena itu, hasil yang lebih baik dapat dicapai melalui penggunaan pendekatan yang menggabungkan berbagai gaya pembelajaran. Guru dan siswa dapat bekerja sama untuk menemukan gaya belajar terbaik dan membuat lingkungan belajar yang memenuhi kebutuhan individu.

Dengan menyadari dan menerapkan gaya belajar yang sesuai, pelajar dapat memaksimalkan potensi mereka, meningkatkan kemandirian dalam pembelajaran, dan mencapai keberhasilan akademis yang lebih baik.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.
 


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3708205/

https://bau.edu/blog/types-of-learning-styles/

https://www.gcu.edu/blog/teaching-school-administration/how-recognize-and-support-learning-styles-classroom

YesDok Ads