7 FASE TUMBUH GIGI ANAK, MOMS WAJIB TAHU

March 15, 2024 | Dea

kapan bayi tumbuh gigi, berapa hari rasa sakit tumbuh gigi bungsu, berapa lama gigi bungsu tumbuh, berapa bulan bayi tumbuh gigi, kapan gigi bungsu tumbuh, berapa lama bayi rewel saat tumbuh gigi, yesdok

Sobat Yesdok, pertumbuhan gigi pada anak adalah proses penting dan seringkali sulit bagi orangtua. Proses ini dapat memengaruhi kenyamanan dan kesejahteraan anak, dan membutuhkan perawatan khusus untuk gigi dan gusi mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

7 Fase Pertumbuhan Gigi Anak

Berikut ini adalah tujuh fase pertumbuhan gigi anak, antara lain:
 

1. Ekspektasi Pertama: Gigi Anak Pertama

Gigi pertama anak biasanya muncul pada usia enam hingga delapan bulan. Ini biasanya adalah gigi seri bagian bawah, yang dapat menyebabkan rewel dan gusi membengkak atau merah.
 

2. Bertambahnya Gigi: Gigi Sisi dan Geraham Pertama

Gigi sisi atas dan bawah mulai tumbuh di sekitar usia 9–16 bulan. Pada usia 13–19 bulan, gigi geraham pertama anak juga mulai muncul di belakang gigi sisi.
 

3. Penambahan Gigi: Geraham Samping Atas dan Bawah

Pertumbuhan gigi geraham samping atas dan bawah, yang biasanya terjadi pada usia 16 hingga 23 bulan, adalah fase berikutnya. Gigi-gigi ini sangat penting untuk proses pengunyahan makanan yang lebih baik.
 

4. Gigi Taring: Taring dan Gigi Sisi Terakhir

Tumbuh gigi taring biasanya dimulai pada usia sekitar 16 hingga 23 bulan. Pada usia sekitar 25 hingga 33 bulan, gigi sisi terakhir tumbuh di belakang mulut.
 

5. Gigi Dewasa: Gigi Sementara Lepas

Gigi sementara anak akan mulai goyah dan tanggal sekitar usia 6 hingga 7 tahun, yang menandai permulaan fase transisi menuju gigi permanen.
 

6. Gigi Permanen: Pertumbuhan Gigi Baru

Selama periode ini, gigi permanen mulai tumbuh secara bertahap selama beberapa tahun untuk menggantikan gigi sementara yang tanggal. Proses ini dapat berlanjut hingga akhir masa remaja.
 

7. Pertumbuhan Gigi Akhir: Konsolidasi dan Penjagaan

Pada akhirnya, anak-anak akan memiliki semua gigi permanen mereka sekitar usia 17 hingga 25 tahun. Pada fase ini, perawatan gigi yang teratur dan konsisten sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi mereka.

 

Orangtua harus memberikan perhatian khusus pada kesehatan gigi dan gusi anak selama proses pertumbuhan gigi mereka. Hal ini termasuk menjaga kebersihan mulut mereka, mengonsumsi makanan yang sehat yang mendukung kesehatan gigi mereka, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan yang sesuai. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang tahapan pertumbuhan gigi anak, orangtua dapat memberikan dukungan yang tepat dan memastikan bahwa anak

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Babys-First-Tooth-Facts-Parents-Should-Know.aspx

https://www.crescentdental.ca/baby-teeth-7-stages-of-development/

https://www.chla.org/blog/advice-experts/your-infant-teething-know-signs-and-symptoms

 

YesDok Ads