7 CIRI WANITA SEDANG BERADA DI MASA SUBUR

January 12, 2024 | Dea

masa subur wanita, cara menghitung masa subur, kapan masa subur wanita, masa subur wanita setelah haid, cara mengetahui masa subur, ciri ciri masa subur wanita, yesdok

Sobat Yesdok, masa subur adalah fase penting dalam siklus menstruasi seorang wanita, di mana sel telur matang dan siap untuk pembuahan. Wanita yang tahu tanda-tanda ovulasi dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk hamil atau menghindari kehamilan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Ciri Masa Subur Wanita

Berikut ini beberapa ciri saat wanita sedang berada di masa subur, antara lain:

1. Kenaikan Suhu Tubuh Basal

Menurut NCBI, satu tanda khas ovulasi  adalah kenaikan suhu tubuh basal (BBT). Suhu tubuh basal wanita biasanya meningkat sekitar 0.5 hingga 1 derajat Fahrenheit setelah ovulasi, sehingga wanita dapat lebih akurat memprediksi waktu ovulasi mereka.
 

2. Perubahan Sekresi Servik

Selama masa subur, lendir serviks dapat berubah. Seiring mendekati ovulasi, lendir serviks menjadi bening, licin, dan elastis, serupa dengan putih telur. Ini menciptakan lingkungan yang mendukung sperma untuk masuk ke sel telur.
 

3. Nyeri Pinggul

NCBI juga mencatat bahwa beberapa wanita mungkin mengalami nyeri ringan yang disebut mittelschmerz di daerah panggul saat ovulasi. Nyeri ini dapat menjadi indikasi ovulasi sedang terjadi.
 

4. Peningkatan Gairah Seksual

Masa subur juga dapat memengaruhi gairah seksual. Menurut Mayo Clinic, Beberapa wanita mengatakan bahwa mereka merasakan dorongan seksual yang lebih besar selama masa subur mereka. Ini bisa menjadi tanda alami bahwa tubuh meningkatkan kemungkinan hamil.
 

5. Perubahan Warna Strips Ovulasi

Wanita yang menggunakan strip ovulasi dapat melacak peningkatan hormon luteinizing hormone (LH) sebelum ovulasi. Hasil strip ovulasi yang positif dapat menunjukkan bahwa wanita sedang berada di masa subur.
 

6. Perubahan Nafsu Makan

Beberapa wanita mengatakan bahwa mereka mengalami perubahan nafsu makan selama masa subur. Ini mungkin karena perubahan hormon selama siklus menstruasi.
 

7. Sensasi Payudara

Selain itu, masa subur dapat berdampak pada payudara. Beberapa wanita melaporkan mengalami sensasi atau kepekaan pada payudara selama ovulasi, yang dapat menjadi tanda perubahan hormonal.
 

Mengetahui tanda-tanda ovulasi dapat membantu wanita memahami siklus reproduksi  mereka dan meningkatkan peluang mereka untuk hamil. Wanita yang ingin memahami dan mengelola masa subur mereka dengan lebih baik dapat melihat perubahan dalam suhu tubuh basal dan sekresi serviks. 
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9160785/

https://www.verywellfamily.com/signs-of-ovulation-1960281

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/expert-answers/ovulation-signs

 

YesDok Ads