7 CARA ATASI FLAT HEAD SYNDROME (KEPALA DATAR) PADA BAYI

January 16, 2024 | Dea

Apa itu flat head syndrome, ciri kepala datar, penyebab kepala datar, flat head syndrome, what causes flat head syndrome, flat head syndrome baby, baby flat head syndrome, yesdok

Sobat Yesdok, flat head syndrome juga dikenal sebagai plagiocephaly adalah kondisi yang sering terjadi pada bayi yang ditandai dengan pembentukan kepala yang datar atau tidak simetris, artikel ini akan membahas masalah ini.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

7 Cara Atasi Flat Head Syndrome

Flat Head Syndrome juga dikenal sebagai plagiocephaly adalah kondisi di mana kepala bayi mengalami deformasi atau datar pada satu sisi atau bagian tertentu. Ini dapat terjadi karena tekanan yang berlebihan pada satu sisi kepala bayi, sering terjadi saat bayi tidur atau diletakkan terlalu lama.

Berikut ini 7 cara atasi flat head syndrome, antara lain:

 

1. Tindakan Pencegahan Sejak Dini

Mengubah posisi tidur bayi secara teratur dan mengubah posisi kepalanya, seperti tidur miring atau tengkurap saat dia terjaga dan diawasi, dapat membantu mencegah kepala datar atau juga dikenal dengan kepala peyang.
 

2. Tummy Time

Bayi dapat memperkuat otot punggung dan leher dengan membiarkan mereka tengkurap selama beberapa menit setiap hari. Ini juga dapat membantu mencegah kepala datar.
 

3. Ubah Posisi Kepala Saat Tidur

Memutar kepala bayi ke arah yang berlawanan setiap kali dia tidur dapat membantu mengurangi tekanan pada satu sisi kepalanya.
 

4. Pilihan Tempat Tidur yang Benar

Memilih tempat tidur bayi yang tepat juga dapat membantu bayi menghindari kepala peyang. Pastikan tempat tidurnya memiliki permukaan yang cukup keras dan menempatkan bayi di tempat yang aman saat tidur.
 

5. Gunakan Bantal untuk Mendukung

Bantal khusus dibuat untuk mendukung kepala bayi dan mencegah flat head syndrome, tetapi anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.
 

6. Pertimbangkan Fisioterapi

Untuk membantu memperbaiki postur kepala dan leher bayi, dalam beberapa kasus, fisioterapi dapat disarankan. Terapis dapat menawarkan saran dan latihan untuk mengatasi flat head syndrome.
 

7. Konsultasi dengan Dokter atau Spesialis

Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau spesialis jika kepala peyang tidak hilang atau menjadi lebih parah. Dokter atau spesialis dapat melakukan evaluasi tambahan dan memberitahu anda tentang tindakan yang mungkin diperlukan.

Serangkaian tindakan pencegahan dan pengobatan yang tepat dapat digunakan untuk mengatasi flat head syndrome pada bayi. Orangtua dapat memberikan perawatan terbaik untuk kesehatan dan perkembangan bayi mereka dengan memahami metode yang berguna untuk mengatasi kondisi ini. 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://kidshealth.org/en/parents/positional-plagiocephaly.html

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10691-plagiocephaly-flat-head-syndrome

https://www.nhs.uk/conditions/plagiocephaly-brachycephaly/

YesDok Ads