7 BAHAYA PRODUK KEDALUWARSA, KARYAWAN MINIMARKET JADI SASARAN AMARAH PEMBELI

January 10, 2024 | Dea

kedaluwarsa atau kadaluarsa, apa itu kadaluarsa, jangka waktu expired makanan, makan expired, apakah makanan expired masih bisa dimakan, batas toleransi makanan kadaluarsa, yesdok

Sobat Yesdok, sedang viral video terkait amarah seorang ibu yang dilampiaskan kepada pegawai kasir minimarket yang diduga menjual produk kedaluwarsa. Pembeli tersebut kecewa dan marah besar karena produk tersebut dikonsumsi anaknya hingga berdampak fatal bagi kesehatan tubuh anaknya. Bahayanya produk kedaluwarsa ini bisa memberikan dampak buruk yang dapat mengancam nyawa kedepannya. Artikel ini akan membahas terkait bahaya produk kedaluwarsa jika dikonsumsi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Bahaya Produk Kedaluwarsa

Berikut beberapa bahaya produk kedaluwarsa jika dikonsumsi tubuh, antara lain:

 

1. Kerusakan Nutrisi

Produk yang kedaluwarsa memiliki kualitas nutrisi yang lebih rendah, yang dapat menyebabkan asupan gizi yang kurang sehat dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 

2. Peningkatan Risiko Keracunan Makanan

Anda dapat berisiko terkena keracunan makanan, yang dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, diare, dan bahkan dapat menyebabkan kondisi yang membutuhkan perawatan medis.
 

3. Kehilangan Kualitas Rasa dan Aroma

Produk yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa cenderung kehilangan rasa dan aromanya, yang berdampak pada pengalaman makan pelanggan dan dapat membuat mereka kecewa dan tidak puas.
 

4. Kontaminasi Mikroba Berbahaya

Produk yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi dan penyakit karena mikroorganisme berbahaya seperti bakteri, jamur, dan virus dapat berkembang biak di makanan yang kedaluwarsa.
 

5. Resiko Alergi dan Reaksi Hipersensitif 

Jika produk makanan tertentu dikonsumsi setelah tanggal kedaluwarsa, mereka dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius.
 

6. Masalah Pencernaan  dan Gangguan Lambung

Produk yang telah kedaluwarsa dapat mengandung bahan yang merusak pencernaan, yang dapat menyebabkan mulas, masalah lambung, dan masalah pencernaan lainnya.
 

7. Ancaman Kesehatan Jangka Panjang

Konsumsi terus-menerus produk kedaluwarsa dapat berdampak buruk pada kesehatan anda dalam jangka panjang, termasuk peningkatan risiko penyakit kronis dan kondisi medis serius.

 

Meskipun tanggal kedaluwarsa dapat berfungsi sebagai panduan, anda harus mempertimbangkan kualitas fisik produk dan menyimpannya dengan benar. Sebaiknya baik antara pembeli dan karyawan minimarket harus lebih hati-hati dengan meningkatkan kesadaran terhadap risiko kesehatan ini dan mendidik pelanggan tentang pentingnya memahami dan mematuhi tanggal kedaluwarsa barang.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://ascconsultants.co.za/the-science-behind-food-expiry-dates

https://www.verywellhealth.com/expiration-date-food-safety-guide-7153294

https://chlpi.org/news-and-events/news-and-commentary/food-law-and-policy/expiration-dates-can-actually-do-more-harm-than-good/

https://jatim-timur.tribunnews.com/2024/01/09/emosi-karena-diduga-jual-makanan-kadaluwarsa-ibu-labrak-karyawan-minimarket

 

YesDok Ads