7 BAHAYA MICIN (MSG) BAGI TUBUH

January 25, 2024 | Dea

apakah micin berbahaya, kenapa micin berbahaya, efek samping micin, bahaya msg, micin itu apa, bahaya mononatrium glutamat, efek micin bagi otak, dampak negatif mononatrium glutamat, yesdok

Sobat Yesdok, monosodium glutamat, juga dikenal sebagai MSG, adalah bahan tambahan makanan yang umum digunakan untuk menambah rasa pada berbagai jenis makanan. Artikel ini akan membahas tujuh potensi bahaya MSG terhadap kesehatan tubuh, meskipun banyak orang menganggapnya aman.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Bahaya MSG

Berikut ini beberapa dampak buruk MSG bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Headache dan Migrain

Makanan yang mengandung MSG telah dilaporkan menyebabkan sakit kepala dan migrain pada beberapa orang. Meskipun mekanismenya belum sepenuhnya dipahami, dampak ini dapat signifikan bagi orang yang rentan terhadap sakit kepala.
 

2. Reaksi Alergi

Beberapa orang dapat mengalami reaksi alergi terhadap MSG, yang dapat mencakup gejala seperti kemerahan, gatal-gatal, atau bahkan sesak napas. Reaksi alergi ini jarang terjadi, tetapi dapat sangat serius.
 

3. Gangguan Tidur dan Gangguan Mental

Konsumsi MSG dapat menyebabkan gangguan tidur dan masalah mental seperti depresi dan kecemasan pada beberapa orang. Kajian lebih lanjut masih dilakukan tentang hubungan ini.
 

4. Gangguan Pencernaan

Beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan karena MSG, yang dapat menyebabkan perut kembung, diare, dan mual. Orang yang lebih sensitif terhadap MSG mungkin merasakan efek ini lebih parah.
 

5. Obesitas dan Resistensi Insulin

Beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi MSG dan risiko obesitas  dan resistensi insulin. Konsumsi MSG yang berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan masalah metabolik.
 

6. Gangguan pada Sistem Saraf Pusat

MSG tampaknya mengganggu sistem saraf pusat, terutama pada hewan percobaan, menurut beberapa penelitian. Meskipun belum ada konsensus penuh tentang bagaimana dampak pada manusia, penelitian ini menunjukkan potensi dampak buruk.
 

7. Gangguan pada Sistem Kardiovaskular

Konsumsi MSG dapat menyebabkan tekanan darah naik, menurut beberapa penelitian. Namun, efek ini masih perlu dikonfirmasi oleh penelitian lebih lanjut.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/msg-good-or-bad#safety

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/monosodium-glutamate/faq-20058196

https://medlineplus.gov/ency/article/001126.htm

https://www.medicalnewstoday.com/articles/is-msg-bad-for-you#historic-doubts

YesDok Ads