7 BAHAYA MENIUP MAKANAN SAAT PANAS

January 19, 2024 | Dea

larangan meniup makanan dan minuman, larangan meniup makanan panas, apakah boleh meniup makanan yang panas, bahaya meniup makanan panas, mengapa tidak boleh meniup makanan, yesdok

Sobat Yesdok, memasak makanan dengan suhu tinggi sebelum memakannya adalah kebiasaan umum, tetapi tahukah anda bahwa hal ini sebenarnya dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan? Dalam artikel ini, kami akan membahas tujuh risiko yang terkait dengan meniup makanan saat suhunya masih tinggi.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Bahaya Meniup Makanan Panas

Berikut ini beberapa bahaya meniup makanan saat panas, antara lain:

 

1. Risiko Bakteri dan Kontaminasi

Meniup makanan saat masih panas dapat meningkatkan kemungkinan penyebaran bakteri. Makanan panas dan udara dapat membawa bakteri dari mulut ke makanan, yang dapat menyebabkan penyakit perut atau infeksi.
 

2. Keracunan Makanan

Jika makanan tidak diatasi dengan baik, bakteri yang dapat berkembang biak dengan cepat pada makanan yang panas dapat menyebabkan keracunan makanan. Meniup makanan dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan meningkatkan risiko keracunan.
 

3. Cedera Mulut dan Lidah

Meniup makanan yang panas dapat merusak mulut dan lidah. Luka bakar atau iritasi pada mulut dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan memperlambat penyembuhan.
 

4. Penurunan Kualitas Nutrisi

Panas dapat memengaruhi kualitas nutrisi makanan. Meniup makanan saat masih panas dapat menyebabkan kehilangan nutrisi penting, terutama vitamin yang rentan terhadap panas.
 

5. Resiko Aspirasi

Meniup makanan yang panas juga meningkatkan risiko aspirasi, di mana makanan atau cairan masuk ke saluran pernapasan, yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru.
 

6. Peningkatan Risiko Tersedak

Risiko tersedak meningkat karena makanan yang panas menjadi lebih lengket dan sulit dikontrol saat ditiup. Ini terutama berlaku jika potongan makanan yang panas menjadi terlalu besar atau melekat bersama.
 

7. Pengaruh Terhadap Rasa

Meniup makanan yang panas dapat menghilangkan rasa yang seharusnya kita rasakan karena panas merangsang reseptor rasa lidah, yang berarti meniup makanan dapat mengurangi sensasi rasa yang ideal.

Meniup makanan saat masih panas mungkin terdengar seperti tindakan insting, tetapi itu sebenarnya memiliki banyak risiko kesehatan. Untuk menyejukkan makanan dengan aman, lebih baik menunggu hingga cukup dingin untuk dimakan. Untuk memastikan makan yang aman dan menyenangkan, penting untuk memastikan kualitas nutrisi dan keamanan makanan.

 


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://fk.uii.ac.id/en/larangan-meniup-makanan-atau-minuman/

https://media.neliti.com/media/publications/348182-takhrij-and-syarah-hadith-of-chemistry-t-3c2f2914.pdf

https://www.thedailymeal.com/1173116/the-science-behind-blowing-on-hot-food/

YesDok Ads