7 BAHAYA MAKANAN TERKONTAMINASI LALAT, CARI TAHU YUK!

January 25, 2024 | Dea

makanan yang dihinggapi lalat, telur lalat hijau di makanan, apa yang terjadi jika telur lalat termakan, bagaimana kalau termakan telur lalat, efek makan telur lalat, lalat bertelur di makanan, yesdok

Sobat Yesdok, seringkali dianggap sebagai hama, lalat dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan kita, terutama ketika mereka berinteraksi dengan makanan kita. Artikel ini akan membahas tujuh bahaya utama yang terkait dengan makanan yang tercemar lalat.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Bahaya Makanan Terkontaminasi Lalat

Berikut ini beberapa bahaya makanan yang terkontaminasi lalat, antara lain:
 

1. Penyakit Menular

Lalat membawa banyak penyakit. Bakteri, virus, dan parasit dapat menyebar melalui makanan atau bahkan hanya mendarat di permukaannya, yang dapat menyebabkan penyakit pada orang.
 

2. Kontaminasi Fisik

Secara fisik, bulu, kotoran, dan cairan tubuh lalat dapat mengotori makanan. Ketika tertelan, partikel ini dapat membawa kuman yang berbahaya bagi kesehatan.
 

3. Kontaminasi Kimiawi

Lalat dapat membawa zat kimia berbahaya dari tempat mereka pertama kali tiba. Ini bisa termasuk residu pestisida atau bahan kimia lainnya yang dapat mencemari makanan dan membahayakan kesehatan manusia.
 

4. Meningkatkan Risiko Keracunan Makanan

Studi NCBI menunjukkan bahwa lalat meningkatkan risiko keracunan makanan. Ini karena mereka dapat membawa bakteri Salmonella dan E. coli, yang dapat menyebabkan gejala keracunan makanan yang parah.
 

5. Pengembangan Bakteri dalam Waktu Singkat

Lalat dapat dengan cepat mengembangkan bakteri pada makanan yang terbuka. Dalam waktu singkat, jumlah bakteri ini dapat mencapai tingkat yang berbahaya bagi kesehatan.
 

6. Pengaruh pada Kesehatan Anak-anak dan Orang Tua

Anak-anak dan orang tua, dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah, lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit daripada makanan yang terkontaminasi lalat.
 

7. Mendorong Penyebaran Penyakit

Lalat yang tercemar dapat menjadi penyebar penyakit. Mereka dapat menyebarkan patogen dari satu tempat ke tempat lain, meningkatkan kemungkinan infeksi menyebar di antara orang.
 

Salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan kita adalah menghindari makanan yang terkontaminasi lalat. Memahami bahaya yang terkait dengan interaksi lalat dengan makanan dapat membantu kita mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, seperti menyimpan makanan dengan baik dan menjaga ruangan tempat kita makan bersih.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6977770/

https://www.vectothor.com/flies-contaminate-food-heres-answer/

https://www.sydney.edu.au/news-opinion/news/2016/01/04/should-i-throw-away-food-once-a-fly-has-landed-on-it-.html

YesDok Ads