7 BAHAYA KRIM WAJAH MERKURI BAGI TUBUH

March 05, 2024 | Dea

apakah merkuri berbahaya, bahaya merkuri bagi wajah, bahaya merkuri untuk wajah, bahaya merkuri pada kosmetik, kenapa merkuri berbahaya, bahaya merkuri bagi tubuh, ciri ciri cream berbahaya mengandung merkuri, yesdok

Sobat Yesdok, krim wajah adalah produk kecantikan yang umum digunakan untuk merawat dan mempercantik kulit wajah. Namun, beberapa krim wajah palsu atau ilegal mengandung bahan berbahaya, salah satunya merkuri. Merkuri adalah logam berat yang sangat beracun dan paparan berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

7 Bahaya Krim Wajah Merkuri

Berikut adalah tujuh bahaya krim wajah mengandung merkuri bagi tubuh yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Kerusakan Kulit

Merkuri dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, terutama jika terpapar berulang kali. Krim wajah yang mengandung merkuri juga dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, dan bahkan mengelupas.
 

2. Merusak Sistem Saraf

Dalam beberapa kasus, paparan merkuri dapat merusak sistem saraf, terutama pada bayi, anak-anak, dan wanita hamil. Ini terutama karena merkuri diserap melalui kulit dan kemudian masuk ke dalam aliran darah.
 

3. Keracunan Merkuri

Paparan berlebihan terhadap bahan ini dapat menyebabkan keracunan merkuri, gejalanya termasuk sakit kepala, kelelahan, masalah pencernaan, dan bahkan kerusakan organ dalam seperti ginjal dan hati.
 

4. Gangguan Keseimbangan Hormon

Merkuri dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah reproduksi, gangguan menstruasi, dan bahkan meningkatkan risiko kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat.
 

5. Kerusakan Otak

Pada anak-anak, paparan merkuri dapat merusak otak, terutama selama perkembangan. Ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan seperti gangguan belajar, masalah perilaku, dan gangguan neurologis lainnya.
 

6. Gangguan Fungsi Ginjal

Merkuri yang terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan gangguan fungsi ginjal. Akibatnya, tubuh dapat menampung racun karena ginjal tidak dapat menyaring racun dengan benar.
 

7. Risiko Kesehatan Lingkungan

Jika krim wajah yang mengandung merkuri dibuang ke lingkungan, itu dapat mencemari air dan tanah. Ini dapat berdampak negatif pada ekosistem dan kesehatan manusia yang bergantung pada sumber daya alam ini.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter atau Dermatologi agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/mercury-poisoning-linked-skin-products

https://www.nyc.gov/site/doh/health/health-topics/mercury-in-soaps-and-creams.page

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9651181/

 

YesDok Ads