6 TANDA MENGIDAP BINGE EATING, SALAH SATUNYA SERING MAKAN PORSI BESAR

January 22, 2024 | Dea

what is binge, binge eating disorder, binge eating disorder adalah, gejala eating disorder, penyebab eating disorder, apa itu eating disorder, yesdok

Sobat Yesdok, makan berlebihan secara teratur dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Ini lebih dari sekadar kebiasaan makan berlebihan sesekali. Berikut adalah enam tanda utama yang dapat membantu mengidentifikasi gangguan makan berlebihan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

6 Tanda Binge Eating

Berikut ini beberapa tanda binge eating, antara lain:
 

1. Sering Makan Porsi Besar

Perilaku makan porsi besar dalam waktu yang singkat adalah salah satu tanda gejala gangguan makan berlebihan. Orang yang mengalami gangguan ini mungkin merasa tidak bisa berhenti makan, meskipun sebenarnya mereka sudah kenyang.
 

2. Makan Cepat dan Tanpa Kesadaran

Seseorang mungkin makan dengan cepat selama episode binge eating, seringkali tanpa menyadari apakah mereka lapar atau kenyang. Episode ini seringkali disertai dengan perasaan kehilangan kendali atas apa yang mereka makan.
 

3. Merasa Bersalah dan Malu Setelah Makan Berlebihan

Setelah melakukan episode makan berlebihan, individu yang mengalami Binge Eating Disorder sering merasa bersalah, malu, atau depresi. Perasaan negatif ini dapat meningkatkan stres, yang dapat memicu perilaku makan berlebihan lebih lanjut.
 

4. Makan Rahasia atau Sendirian

Mereka yang mengalami gangguan ini mungkin memiliki kecenderungan untuk makan secara rahasia atau menyendiri, dan mereka mungkin merasa malu dengan kebiasaan makan mereka. Ini dapat menyebabkan isolasi sosial dan tekanan psikologis tambahan.
 

5. Pola Makan yang Terjadwal dan Teratur

Binge eating disorder seringkali terjadi dalam pola makan yang terjadwal, terutama di malam hari. Individu yang mengalami gangguan ini mungkin memiliki pola makan yang berulang, yang sulit untuk dihentikan.
 

6. Tidak Ada Upaya Kompensasi

Mereka yang mengalami gangguan makan berlebihan berbeda dengan gangguan makan lainnya seperti bulimia nervosa karena mereka tidak melakukan upaya kompensasi seperti muntah atau berolahraga setelah makan berlebihan.

Binge Eating Disorder dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Selain menimbulkan risiko kenaikan berat badan yang signifikan, gangguan ini juga terkait dengan kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan fisik seperti diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter dan psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/mental-health/conditions/binge-eating/overview/

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/binge-eating-disorder/symptoms-causes/syc-20353627

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17652-binge-eating-disorder

YesDok Ads