6 RESIKO SAAT MENYUSUI

March 21, 2024 | Dea

resiko menyusui saat hamil, resiko pemberian susu formula pada bayi, menyusui mengurangi resiko kanker payudara, resiko ibu hamil sambil menyusui, resiko hamil pada ibu menyusui, resiko hamil saat menyusui, yesdok

Sobat Yesdok, menyusui adalah peristiwa yang sangat penting bagi seorang ibu dan bayinya. Selain memberi anak nutrisi penting, ini menumbuhkan hubungan emosional yang kuat antara ibu dan anak. Tetapi proses menyusui seringkali tidak lancar. Berbagai hambatan bisa muncul, dan memahami dan menangani masalah dengan benar sangat penting untuk memastikan bahwa menyusui berjalan dengan baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Resiko Menyusui

Berikut adalah enam kendala umum yang sering dihadapi ibu saat menyusui, antara lain:
 

1. Rasa Sakit pada Puting Payudara

Rasa sakit pada puting payudara adalah salah satu masalah yang paling umum yang dialami ibu menyusui. Ini dapat disebabkan oleh infeksi, posisi bayi yang salah saat menyusu, atau bahkan penggunaan bra yang tidak sesuai.

Solusi: saat menyusui pastikan bayi menempel dengan benar pada payudara dan melapisi areola dengan lidahnya dan bibir sebanyak mungkin. Hindari sabun yang keras yang dapat mengeringkan kulit dan gunakan krim pelembab khusus untuk puting payudara untuk meringankan rasa sakit.
 

2. Produksi ASI yang Kurang

Beberapa ibu mungkin mengalami kesulitan memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya. Ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti stres, kurangnya stimulasi, atau masalah kesehatan ibu.

Solusi: bayi harus menyusui lebih sering dan melepaskan payudaranya sepenuhnya setiap kali menyusui. Jika anda terus mengalami masalah ini, konsultasikan dengan ahli gizi atau konsultan laktasi. Anda juga dapat meningkatkan produksi ASI dengan beristirahat yang cukup, makan makanan bergizi, dan minum cukup air putih.
 

3. Infeksi Payudara

Mastitis adalah infeksi pada jaringan payudara yang seringkali menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan demam pada ibu menyusui. Bakteri dapat masuk ke dalam jaringan payudara melalui retakan kecil.

Solusi: sebelum menyusui, pastikan tangan anda dan puting payudara bersih. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat jika terkena infeksi. Mengobati mastitis biasanya memerlukan antibiotik.
 

4. Kendala Psikologis

Tekanan untuk memberikan ASI eksklusif, masalah tidur, atau perubahan hormonal mungkin menyebabkan beberapa ibu mengalami stres, kecemasan, atau bahkan depresi selama masa menyusui.

Solusi: untuk mengatasi tantangan psikologis ini, dukungan sosial dan emosional sangat penting. Jika perlu, bicarakan perasaan dengan teman, keluarga, atau pasangan anda.
 

5. Kesulitan Menemukan Waktu dan Ruang yang Tepat untuk Menyusui

Beberapa ibu mungkin mengalami kesulitan menemukan waktu dan tempat yang tepat untuk menyusui bayi mereka di tengah kesibukan sehari-hari mereka. Ini bisa menjadi sulit terutama saat berada di tempat umum atau bepergian.

Solusi: Jika anda bepergian, cari tempat yang tenang dan nyaman untuk menyusui, atau gunakan penutup menyusui jika diperlukan, dan atur jadwal yang konsisten untuk menyusui.
 

6. Masalah dengan Latching atau Teknik Menyusui

Bayi dapat mengalami kesulitan untuk membuang payudara dengan benar dan membuat ibu merasa tidak nyaman karena metode menyusui yang salah.

Solusi: dapatkan bantuan dari petugas kesehatan yang terlatih atau konsultan laktasi untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan metode menyusui dan bayi anda. Untuk memastikan bayi mendapatkan ASI yang cukup dan ibu merasa nyaman, posisi dan latching yang tepat sangat penting.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK52688/

https://news.llu.edu/health-wellness/five-challenges-moms-might-face-while-breastfeeding

https://medlineplus.gov/ency/article/002452.htm

 

YesDok Ads