6 PENYEBAB TIMBULNYA POLIP RAHIM

March 20, 2024 | Dea

apa itu polip rahim, penyebab polip rahim, pantangan polip rahim, gejala polip rahim, bentuk polip rahim, polip leher rahim, apakah polip rahim berbahaya, polip rahim bisa hamil, yesdok

Sobat Yesdok, pertumbuhan jaringan abnormal di dinding rahim atau endometrium dikenal sebagai polip rahim. Meskipun seringkali tidak kanker dan tidak menimbulkan gejala, polip rahim dapat menyebabkan perdarahan abnormal, infertilitas, dan bahkan meningkatkan risiko keguguran pada wanita. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Polip Rahim

Untuk memahami lebih lanjut tentang penyebab timbulnya polip rahim, berikut ini beberapa penyebab timbulnya polip rahim pada wanita, antara lain:
 

1. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal dapat menjadi salah satu penyebab utama pembentukan polip rahim. Perubahan hormon, khususnya estrogen, dapat menyebabkan pertumbuhan sel-sel yang berlebihan dalam dinding rahim, yang pada gilirannya menyebabkan pembentukan polip.
 

2. Keguguran atau Kelahiran

Wanita yang pernah mengalami keguguran atau melahirkan bayi, terutama melalui operasi caesar, memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan polip rahim. Polip dapat disebabkan oleh trauma atau perubahan pada rahim selama kehamilan dan persalinan.
 

3. Faktor Usia

Faktor lain yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya polip rahim adalah usia. Polip rahim lebih sering terjadi pada wanita berusia di atas empat puluh tahun, tetapi dapat terjadi pada wanita dari segala usia.
 

4. Paparan Estrogen Eksternal

Jika anda menerima estrogen dari sumber eksternal, seperti terapi hormon pengganti (HRT) atau obat-obatan tertentu yang mengandung estrogen, anda berisiko mengembangkan polip rahim. Ini dapat terjadi saat menggunakan terapi hormon pengganti (HRT) untuk mengatasi gejala menopause atau saat menggunakan pil kontrasepsi hormonal.
 

5. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis tertentu, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau sindrom hiperplasia endometrium, dapat meningkatkan kemungkinan pembentukan polip rahim. Kondisi ini sering dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormonal yang mempengaruhi keseimbangan pertumbuhan dan regenerasi sel-sel dalam rahim.
 

6. Faktor Genetik

Jika seseorang memiliki riwayat keluarga yang memiliki polip rahim atau jika mereka memiliki predisposisi genetik untuk kondisi ini, kemungkinan mengembangkan polip rahim pada generasi berikutnya juga dapat meningkat.

 



Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-polyps/symptoms-causes/syc-20378709

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14683-uterine-polyps

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6501471/

 

YesDok Ads