6 PENYEBAB IMPETIGO BULOSA YANG MENYERANG KULIT ANAK

January 30, 2024 | Dea

impetigo bulosa adalah, bakteri impetigo, penyakit kulit impetigo, impetigo anak, penyebab impetigo, gejala impetigo, impetigo pada anak, impetigo bulosa pada bayi, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda melihat kondisi kulit melepuh yang melebar berwarna kemerahan hingga dapat menggembung, berujung pada luka lecet pada kulit anak? Kondisi ini disebut Impetigo bulosa. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Impetigo Bulosa 

Impetigo Bulosa adalah infeksi bakteri pada kulit yang paling sering terjadi pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga dapat mengalaminya. Munculnya gelembung besar berisi cairan pada kulit merupakan tanda dari kondisi ini. 

Berikut adalah beberapa penyebab Impetigo Bulosa, antara lain:
 

1. Infeksi Bakteri Staphylococcus aureus

Infeksi bakteri terutama Staphylococcus aureus adalah penyebab utama impetigo bulosa. Bakteri ini dapat masuk ke kulit melalui luka kecil atau lecet, menyebabkan infeksi yang kemudian berkembang menjadi impetigo bulosa.
 

2. Infeksi Streptococcus pyogenes

Bakteri Streptococcus pyogenes, bersama dengan Staphylococcus aureus, dapat menyebabkan impetigo bulosa, menginfeksi kulit, terutama di tempat yang memungkinkan bakteri masuk.
 

3. Luka atau Gigitan Serangga

Impetigo bulosa sering muncul pada kulit yang terluka, seperti goresan atau gigitan serangga. Bakteri dapat memanfaatkan luka ini untuk masuk dan menyebabkan infeksi.
 

4.Kondisi Kulit yang Teriritasi atau Dermatitis

Kulit yang iritasi atau dermatitis lebih rentan terhadap infeksi impetigo bulosa. Kondisi seperti eksim atau ruam kulit dapat menyediakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri penyebab impetigo.
 

5. Kurangnya Kebersihan dan Higiene Pribadi

Anak-anak yang tidak menjaga kebersihan diri dan kebersihan diri dengan baik memiliki resiko lebih tinggi terkena impetigo bulosa karena bakteri dapat menyebar dengan lebih mudah pada kulit yang kotor.
 

6. Kontak Langsung dengan Orang yang Terinfeksi

Impetigo bulosa dapat menyebar melalui kontak langsung dengan individu yang sudah terinfeksi. Jika anak bersentuhan dengan orang atau barang yang terkontaminasi, mereka lebih rentan terinfeksi.

Penting untuk diingat bahwa impetigo bulosa dapat diobati dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Menjaga kebersihan diri dan menghindari kontak langsung dengan orang yang terinfeksi juga dapat membantu mencegah penyebaran infeksi.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/infections-and-poisoning/impetigo

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK430974/

https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2014/0815/p229.html

YesDok Ads