6 PENYEBAB FLAT HEAD SYNDROME (KEPALA DATAR) PADA BAYI

January 16, 2024 | Dea

Apa itu flat head syndrome, ciri kepala datar, penyebab kepala datar, flat head syndrome, what causes flat head syndrome, flat head syndrome baby, baby flat head syndrome, yesdok

Sobat Yesdok, kondisi kepala datar pada bayi adalah ketika satu sisi kepalanya menyempit atau datar. Ini juga dikenal sebagai sindrom kepala datar atau deformational plagiocephaly. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Penyebab Flat Head Syndrome

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kepala datar atau flat head syndrome pada bayi, antara lain:
 

1. Posisi Tidur yang Sering Terulang

Flat Head Syndrome adalah kondisi di mana bayi tidur dengan posisi yang sama, terutama di belakang kepala mereka. Ini dapat terjadi karena tekanan yang berlebihan pada satu area kepala selama tidur.
 

2. Kurangnya Pemutar Badan Saat Tidur

Bayi yang tidak melakukan gerakan memutar badan atau aktivitas fisik yang melibatkan perputaran kepala mungkin mengalami kepala datar. Untuk membantu mereka menghindari tekanan berlebihan pada satu sisi kepala, Anda mungkin ingin membuat bayi berbaring di perutnya saat terjaga.
 

3. Posisi Kepala Selama Aktivitas Terjaga

Selain itu, posisi kepala bayi saat terjaga dapat memengaruhi bentuk kepalanya. Misalnya, jika bayi selalu memandang ke satu arah atau sisi tertentu, itu dapat menyebabkan kepala datar.
 

4. Kelainan Otot Leher atau Torticollis

Flat Head Syndrome dapat disebabkan oleh torticollis, kelainan otot leher yang menyebabkan kepala bayi condong ke satu sisi. Bayi dengan kelainan ini mungkin mengalami kesulitan berputar atau menggerakkan kepala mereka sendiri.
 

5. Faktor Lingkungan

Orang tua harus memastikan bahwa peralatan tidur dan tempat tidur bayi sehat, seperti bantal yang tepat dan peralatan tidur yang tidak sesuai, mengurangi risiko Flat Head Syndrome.
 

6. Keterlambatan Perkembangan Motorik

Stimulasi motorik yang tepat dapat mencegah kepala datar bagi bayi yang mengalami keterlambatan dalam mencapai milestone perkembangan motorik seperti mengangkat kepala atau berguling.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://kidshealth.org/en/parents/positional-plagiocephaly.html

https://www.nhs.uk/conditions/plagiocephaly-brachycephaly/

https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=flat-head-syndrome-deformational-plagiocephaly-90-P01834

YesDok Ads