6 MANFAAT TELUR PUYUH BAGI ANAK

March 05, 2024 | Dea

manfaat telur puyuh, manfaat telur puyuh untuk bayi, manfaat telur puyuh untuk anak, yesdok

Sobat Yesdok, Telur puyuh, meskipun kecil, memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Meskipun telur puyuh mungkin kurang populer daripada telur ayam, telur puyuh mengandung nutrisi penting yang meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Manfaat Telur Puyuh

Berikut adalah enam manfaat telur puyuh bagi anak, antara lain:
 

1. Kaya akan Protein

Telur puyuh adalah sumber protein yang kaya, yang merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh anak-anak untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan jaringan tubuh lainnya. Protein juga membantu membangun kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit.
 

2. Tinggi Kandungan Vitamin

Berbagai jenis vitamin penting, seperti vitamin A, B, dan D, terkandung dalam telur puyuh dan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi, kesehatan mata, dan perkembangan saraf dan otak pada anak-anak.
 

3. Sumber Mineral Penting

Selain itu, telur puyuh mengandung mineral penting seperti besi, fosfor, dan selenium, yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat dan untuk menjaga sistem saraf dan otot anak-anak bekerja dengan baik.
 

4. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ketika anak-anak makan telur puyuh secara teratur, mereka dapat melindungi mata mereka dari kerusakan oksidatif dan menjaga kualitas penglihatan mereka. Telur puyuh mengandung zeaxanthin dan lutein, dua jenis antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata.
 

5. Mendukung Kesehatan Jantung

Telur puyuh tidak hanya mengandung kolesterol, tetapi juga mengandung asam lemak omega-3, yang membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung pada anak-anak.
 

6. Alternatif bagi Anak dengan Alergi Telur Ayam

Telur puyuh dapat menjadi pilihan yang bagus untuk anak-anak yang memiliki alergi telur ayam. Karena komposisi proteinnya yang berbeda dari telur ayam, telur puyuh seringkali lebih mudah ditoleransi oleh anak-anak yang memiliki alergi telur.

Meskipun telur puyuh memiliki banyak manfaat kesehatan bagi anak-anak, tetap penting untuk memperhatikan berapa banyak dan bagaimana memasaknya. Sebagai bagian dari pola makan seimbang, telur puyuh dapat menjadi makanan yang lezat dan bergizi untuk anak-anak. 

 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/diet/what-to-know-quail-eggs

https://www.healthline.com/nutrition/quail-eggs-benefits

https://londonquail.co.uk/medical-benefits-of-quail-eggs/

 

YesDok Ads