6 MANFAAT SUNSCREEN BAGI KULIT BERJERAWAT, SIMAK YUK!

January 11, 2024 | Dea

apa manfaat sunscreen, manfaat memakai sunscreen, manfaat sunscreen untuk wajah, apa kegunaan sunscreen, fungsi sunscreen untuk wajah, pentingnya memakai sunscreen, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti merasa bahwa memiliki kulit yang berjerawat dapat menjadi permasalahan yang memusingkan. Perlindungan terhadap paparan sinar matahari adalah salah satu langkah penting dalam merawatnya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

6 Manfaat Sunscreen

Berikut ini beberapa manfaat sunscreen bagi kulit yang berjerawat, antara lain:

 

1. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV Berbahaya

Sunscreen melibatkan lapisan pelindung yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) A dan B, yang dapat merusak kulit dan meningkatkan risiko peradangan pada kulit berjerawat. Dengan melindungi kulit dari sinar UV, sunscreen mencegah kerusakan yang dapat memperburuk jerawat.
 

2. Mengurangi Risiko Peningkatan Produksi Minyak

Sunscreen melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan, yang dapat merangsang kelenjar minyak pada kulit, meningkatkan produksi sebum, dan memperparah kondisi jerawat.
 

3. Mencegah Hiperpigmentasi dan Noda Hitam

Seringkali, jerawat meninggalkan bekas seperti hiperpigmentasi dan noda hitam. Sunscreen membantu mencegah bintik hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mempercepat pemulihan kulit yang berjerawat.
 

4. Menjaga Keseimbangan Kadar Air pada Kulit

Sunscreen membantu menjaga kelembaban kulit, mencegah kekeringan, dan mendukung keseimbangan produksi minyak. Sunscreen juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, yang pada gilirannya dapat menyebabkan produksi minyak berlebih sebagai respons.
 

5. Mendukung Proses Penyembuhan Jerawat

Tempat terbaik untuk penyembuhan kulit berjerawat adalah ketika kulit terlindungi dari sinar ultraviolet. Sunscreen mengurangi peradangan, mencegah infeksi, dan membantu kulit sembuh.
 

6. Pencegahan Terhadap Penuaan Dini

Salah satu penyebab utama penuaan dini kulit adalah paparan sinar matahari. Sunscreen membantu melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari yang dapat menyebabkan kerutan, garis halus, dan kehilangan elastisitas. Oleh karena itu, memakai sunscreen secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat.
 

Sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari risiko kanker kulit, tetapi juga sangat baik untuk kulit berjerawat. Dengan memasukkannya ke dalam rutinitas perawatan kulit kita, sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi juga meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit yang cenderung berjerawat. Sunscreen adalah investasi kecil yang memiliki banyak manfaat untuk kulit Anda.


Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.skincancer.org/skin-cancer-prevention/sun-protection/sunscreen/

https://www.healthline.com/health/sunscreen-explained

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279208/

 

YesDok Ads