6 MANFAAT MINUM SUSU HAMIL, BUMIL WAJIB TAHU

March 01, 2024 | Dea

manfaat susu ibu hamil, manfaat susu hamil, manfaat minum susu hamil, manfaat susu hamil untuk janin, manfaat susu untuk ibu hamil, manfaat susu hamil untuk ibu hamil, yesdok

Sobat Yesdok, selama kehamilan, sangat disarankan untuk minum susu karena memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan janin yang dikandung, termasuk nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dan menjaga kesehatan ibu hamil. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Manfaat Minum Susu Hamil

Berikut adalah enam manfaat penting dari minum susu selama kehamilan yang wajib diketahui oleh calon ibu, antara lain:
 

1. Asupan Kalsium

Susu adalah sumber kalsium yang sangat baik, yang sangat penting untuk janin memiliki tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil dan mencegah risiko osteoporosis setelah melahirkan.
 

2. Peningkatan Kesehatan Jantung

Susu mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang membantu ibu hamil menjaga kesehatan jantungnya. Asam lemak ini menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan.
 

3. Sumber Protein

Untuk memenuhi kebutuhan protein harian yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru dalam tubuh, termasuk sel-sel janin, ibu hamil dapat minum susu.
 

4. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Susu mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti seng, vitamin A, dan vitamin D, yang membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi. Selama kehamilan, mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dapat membantu ibu hamil dan janin melindungi diri dari infeksi dan penyakit.
 

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Susu secara teratur dapat membantu kulit ibu hamil tetap sehat dan mencegah masalah kulit seperti kering, gatal, atau stretch mark karena kandungan vitamin E.
 

6. Mendukung Pertumbuhan Janin

Susu mengandung sejumlah nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti vitamin B kompleks, zat besi, dan folat. Untuk memastikan janin mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dengan baik, sangat penting untuk memberinya asupan nutrisi yang cukup.

Susu menjadi sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin karena memiliki banyak manfaat. Namun, sebelum mengonsumsi susu atau produk susu lainnya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa asupan nutrisi.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4302093/

https://parenting.miniklub.in/benefits-drinking-milk-during-pregnancy/

https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/

 

YesDok Ads