6 MANFAAT ME TIME BAGI KESEHATAN MENTAL

February 23, 2024 | Dea

me time artinya, me time adalah, arti me time, apa itu me time, apa arti me time, apa artinya me time, me time itu apa, contoh me time, yesdok

Sobat Yesdok, kehidupan kita seringkali membuat kita melupakan pentingnya menjaga kesehatan mental kita karena kita hidup dengan banyak tugas dan stres. Waktu untuk diri sendiri, juga dikenal sebagai "me time", adalah waktu yang dihabiskan untuk merenung, merawat diri, dan mengisi ulang energi mental. Memiliki waktu untuk beristirahat, bagaimanapun, memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Manfaat “Me Time”

Berikut adalah beberapa manfaat penting dari memberikan waktu untuk diri sendiri, antara lain:
 

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Mengurangi tingkat kecemasan dan stres adalah salah satu manfaat terbesar dari me time. Anda memberikan kesempatan pada pikiran untuk bersantai dan mendamaikan diri dengan meluangkan waktu untuk merenung dan melepaskan tekanan sehari-hari. Aktivitas seperti meditasi, yoga, atau hanya menikmati waktu luang tanpa gangguan dapat membantu anda merasa lebih santai dan lebih tenang.
 

2. Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Dengan menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai, anda memberi diri kesempatan untuk merasakan kegembiraan dan kepuasan, yang dapat meningkatkan suasana hati dan membuat anda merasa lebih bahagia dan puas dengan hidup.
 

3. Memperbaiki Fokus dan Produktivitas

Me time sangat penting untuk meningkatkan fokus dan produktivitas. Anda dapat menjadi lebih produktif dan efektif dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, jika anda memberikan waktu untuk menenangkan pikiran dan menenangkan diri.
 

4. Meningkatkan Kreativitas

Saat anda meluangkan waktu untuk diri sendiri, anda memungkinkan pikiran untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mengeluarkan kreativitas yang terpendam dalam diri. Melakukan hal-hal yang memicu imajinasi, seperti menulis, menggambar, atau hanya berjalan-jalan di alam, dapat membantu anda mendapatkan inspirasi dan menghasilkan ide-ide baru untuk diterapkan dalam kehidupan.
 

5. Memperkuat Hubungan dengan Diri Sendiri

Me Time juga memberi anda kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan diri sendiri. Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri dengan menghabiskan waktu untuk merenung, mempelajari minat dan hobi anda, serta menghargai waktu sendirian, anda dapat merasa lebih percaya diri kedepannya.
 

6. Mendorong Perkembangan Pribadi

Terakhir, melakukan me time dapat menjadi waktu yang berharga untuk berusaha untuk berkembang. Memberikan waktu untuk membaca, belajar, atau merenungkan apa yang anda alami dalam hidup memungkinkan untuk terus berkembang dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri. 

Dalam kesibukan kehidupan sehari-hari, penting untuk mengingat pentingnya memiliki waktu terhadap diri sendiri. Hal ini adalah investasi dalam kesehatan mental. Dengan merawat diri sendiri secara teratur, anda dapat menemukan keseimbangan, ketenangan, dan kebahagiaan dalam hidup. 


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.popxo.com/article/14-signs-that-you-need-a-little-me-time/

https://medium.com/researcher-life/7-early-signs-that-indicate-you-need-to-focus-on-self-care-124e092e87df

https://www.denisechilton.co.uk/eight-signs-unhealthy-work-life-balance/

 

YesDok Ads