6 MANFAAT MARGARIN UNTUK TUBUH

March 07, 2024 | Dea

manfaat margarin, manfaat margarin dan mentega, manfaat margarin untuk kue, manfaat margarin bagi tubuh, manfaat margarin untuk kesehatan, manfaat makan margarin, yesdok

Sobat Yesdok, dua bahan dapur yang sering diperdebatkan tentang manfaat dan efek kesehatannya adalah margarin dan mentega. Margarin, produk lemak nabati, sering dianggap lebih baik daripada mentega, yang terbuat dari lemak hewani. Apa sebenarnya manfaat margarin bagi kesehatan? 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Manfaat Margarin 

Berikut adalah beberapa manfaat mengonsumsi margarin bagi tubuh, antara lain:
 

1. Kandungan Lemak Sehat

Dalam margarin, lemak tak jenuh sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal dan ganda, dapat membantu meningkatkan profil lipid darah dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).
 

2. Beberapa Varian Bebas Lemak Trans

Untuk mendapatkan manfaat terbaik untuk kesehatan, pilih varian margarin yang bebas lemak trans. Beberapa varian margarin modern diproses sedemikian rupa sehingga tidak mengandung lemak trans, yang dianggap sebagai lemak yang tidak sehat dan terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.
 

3. Kandungan Vitamin dan Antioksidan

Beberapa margarin diperkaya dengan vitamin dan antioksidan seperti vitamin A, D, E, dan K. Vitamin-vitamin ini penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi neurologis, sementara antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas.

 

4. Tidak Mengandung Kolesterol

Margarin adalah pilihan yang bagus untuk mereka yang perlu mengurangi kolesterol dalam diet mereka, seperti mereka yang memiliki risiko penyakit jantung atau kolesterol tinggi karena mereka tidak mengandung kolesterol.
 

5. Fleksibilitas dalam Penggunaan

Dalam memasak dan membaking, margarin seringkali lebih fleksibel daripada mentega, terutama karena titik leburnya yang lebih tinggi. Ini membuatnya pilihan yang bagus untuk membuat kue yang lebih ringan dan empuk serta memberikan rasa lembut dan konsistensi yang baik pada berbagai hidangan.

 

6. Pilihan yang Bebas Produk Susu

Beberapa orang mengalami intoleransi laktosa atau alergi terhadap protein susu, jadi mereka tidak boleh makan mentega. Orang-orang yang mengikuti diet ini akan menyukai margarin karena tidak mengandung susu.
 

Margarin memiliki manfaat, tetapi untuk menikmatinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang dan sehat, anda harus memilih yang rendah lemak trans dan tidak mengandung bahan tambahan yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, perhatikan jumlah kalori dan lemak yang anda konsumsi, karena margarin tetap merupakan sumber lemak dan kalori.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/butter-vs-margarine

https://blog.providence.org/regional-blog-news/ask-an-expert-butter-vs-margarine-which-is-better-for-you

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/butter-vs-margarine/faq-20058152

 

YesDok Ads