6 MANFAAT KB IUD BAGI ISTRI

March 28, 2024 | Dea

iud kb, kb iud adalah, efek samping kb iud, bahaya kb iud, efek kb iud, apa itu kb iud, kb spiral iud, manfaat kb iud, yesdok

Sobat Yesdok, kontrasepsi intrauterine juga dikenal sebagai IUD, adalah salah satu metode kontrasepsi terbaik yang tersedia untuk wanita. Ini adalah alat kecil yang dimasukkan ke dalam rahim oleh dokter dan berfungsi untuk mencegah kehamilan. IUD juga menawarkan banyak manfaat tambahan bagi kesehatan dan kesejahteraan wanita selain menjadi alat kontrasepsi yang efektif. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat KB IUD

Berikut ini enam manfaat utama kontrasepsi IUD bagi istri, antara lain:
 

1. Efektivitas Tinggi

Salah satu manfaat utama dari implantasi unit kontrasepsi (IUD) adalah kemampuannya untuk mencegah kehamilan, menjadikannya salah satu metode kontrasepsi yang paling efektif dengan tingkat kegagalan kurang dari 1%. Setelah dimasukkan, IUD dapat bertahan selama 3–12 tahun, tergantung pada jenisnya, sehingga memberikan perlindungan yang sangat andal dalam jangka panjang terhadap kehamilan yang tidak diinginkan.
 

2. Tidak Mengganggu Aktivitas Seksual

IUD tidak mengganggu aktivitas seksual atau pasangan. Anda tidak perlu khawatir tentang mengingat mengonsumsi pil setiap hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain yang mungkin mengganggu hubungan intim. Ini memungkinkan anda untuk menjadi bebas dan menikmati hubungan intim anda tanpa khawatir tentang konsekuensi kehamilan yang tidak diinginkan.
 

3. Penyederhanaan Jadwal Kontrasepsi

IUD berbeda dengan metode kontrasepsi harian seperti pil. IUD mempersederhanakan jadwal kontrasepsi. Setelah dimasukkan, anda dapat melupakannya selama bertahun-tahun karena tidak memerlukan banyak perawatan atau pengawasan. Wanita yang sibuk dan sering bepergian akan menyukai ini.
 

4. Menstruasi yang Ringan atau Hilang

Salah satu manfaat lain dari IUD adalah bahwa mereka dapat mengurangi intensitas menstruasi, bahkan hilang sama sekali pada beberapa wanita. Ini karena efek hormonal dari beberapa jenis IUD, yang dapat mengubah lingkungan rahim, menyebabkan menstruasi yang lebih ringan atau sama sekali tidak ada.
 

5. Perlindungan Jangka Panjang

Setiap hari, wanita yang ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang tidak perlu khawatir tentang mengubah atau mempertahankan metode mereka. Anda akan merasa aman dan dilindungi untuk waktu yang lama setelah dimasukkan.
 

6. Membantu dengan Kondisi Kesehatan Wanita

Beberapa jenis IUD juga dapat membantu menurunkan risiko beberapa kondisi kesehatan wanita, seperti endometriosis atau anemia, karena menstruasi yang berat. Efek hormonal dari IUD juga dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi gejala yang terkait dengan kondisi kesehatan ini, sehingga meningkatkan kualitas hidup banyak wanita.

Oleh karena itu, kontrasepsi IUD bukan hanya efektif sebagai metode kontrasepsi, tetapi juga menawarkan manfaat tambahan bagi kesehatan dan kesejahteraan wanita. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.yalemedicine.org/news/intrauterine-devices-iud

https://intermountainhealthcare.org/blogs/the-benefits-of-using-and-iud-for-birth-control

https://www.webmd.com/sex/birth-control/iud-intrauterine-device

 

YesDok Ads