6 MANFAAT BIJI BUNGA MATAHARI BAGI TUBUH

January 30, 2024 | Dea

manfaat biji matahari, khasiat biji bunga matahari, biji bunga matahari, khasiat bunga matahari bagi kesehatan, biji bunga matahari kuaci, manfaat sunflower seed, kuaci berasal dari, yesdok

Sobat Yesdok, anda harus tahu bahwa biji bunga matahari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena biji bunga matahari bukan hanya makanan yang lezat dan renyah saja, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan beragam. Berikut adalah enam manfaat kesehatan yang dapat anda peroleh dari biji bunga matahari.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Manfaat Biji Bunga Matahari

Berikut merupakan beberapa manfaat mengonsumsi biji bunga matahari, antara lain:
 

1. Sumber Nutrisi yang Kaya

Berbagai nutrisi penting yang terkandung dalam biji bunga matahari termasuk vitamin E, vitamin B, magnesium, fosfor, dan selenium. Nutrisi ini mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan.
 

2. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Biji bunga matahari mengandung vitamin E, magnesium, dan asam lemak tak jenuh yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asam lemak tak jenuh mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, dan magnesium membantu menjaga tekanan darah normal.
 

3. Perlindungan Antioksidan

Mengandung antioksidan, terutama vitamin E dan selenium, biji bunga matahari melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Perlindungan ini dapat membantu mengurangi risiko penuaan dini dan penyakit degeneratif.
 

4. Menyokong Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dalam biji bunga matahari membantu kesehatan tulang dan gigi dengan bekerja sama dengan kalsium. Fosfor juga bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pemulihan jaringan tubuh.
 

5. Manfaat untuk Sistem Saraf dan Otak

Biji bunga matahari mengandung vitamin B kompleks, terutama vitamin B1 (tiamin) dan B6 (piridoksin), yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan otak. Vitamin B6 juga bertanggung jawab atas produksi neurotransmitter, yang penting untuk fungsi kognitif.
 

6. Regulasi Gula Darah

Biji bunga matahari mengandung magnesium, yang dapat membantu dalam regulasi gula darah karena berpartisipasi dalam metabolisme glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Biji bunga matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan, jika anda mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang seimbang. Meskipun biji bunga matahari memiliki banyak manfaat kesehatan, sebaiknya anda tidak mengonsumsi terlalu banyak karena biji ini tinggi kalori.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.saga.co.uk/magazine/health-wellbeing/diet-nutrition/nutrition/health-benefits-seeds

https://nutsandsnacks.com.sg/5-amazing-health-benefits-of-sunflower-seeds/

https://pharmeasy.in/blog/health-benefits-of-sunflower-seeds/

YesDok Ads