6 MANFAAT BERJALAN ATAU MINDFUL WALKING BAGI TUBUH

January 10, 2024 | Dea

apa manfaat berjalan, apa manfaat olahraga jalan, manfaat jalan kaki, manfaat jalan sehat, apa manfaat gerak berjalan bagi kesehatan, manfaat jalan santai, manfaat jalan kaki untuk diet, yesdok

Sobat Yesdok, berjalan bukan hanya aktivitas fisik, tetapi juga dapat digunakan untuk meditasi. Berjalan dengan sadar, juga dikenal sebagai berjalan dengan sadar, adalah teknik berjalan yang menggabungkan gerakan tubuh dengan kesadaran pikiran. Menggabungkan kedua elemen ini, berjalan dengan sadar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Manfaat Mindful Walking

Berikut beberapa manfaat dari berjalan atau mindful walking, antara lain:

 

1. Menurunkan Tingkat Stres dan Kecemasan 

Dengan fokus pada setiap langkah dan pernapasan, berjalan dengan sadar dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Ini membantu anda menghilangkan kekhawatiran dan ketegangan yang mungkin mengganggu pikiran anda.
 

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Pengalaman langsung dengan setiap langkah adalah bagian dari praktik berjalan pikir-pikir. Ini dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus selama dan setelah berjalan, yang menghasilkan kejernihan mental yang positif.
 

3. Meningkatkan Keseimbangan Emosional 

Jalan sadar dapat membantu meningkatkan kesadaran emosional, yang memungkinkan anda untuk mengenali dan merespons perasaan dengan cara yang lebih seimbang. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan emosional dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan.
 

4. Memperbaiki Postur Tubuh 

Berjalan dengan sadar melibatkan memperhatikan gerakan dan postur tubuh. Hal ini dapat membantu memperbaiki postur, mengurangi ketegangan otot, dan mengurangi risiko cedera tertentu.
 

5. Meningkatkan Pencernaan

Berjalan dengan pikiran positif dapat membantu pencernaan anda. Berjalan dengan cara ini, yang melibatkan gerakan perut yang alami saat bernapas, dapat memperkuat sistem pencernaan, membantu dalam pencernaan makanan, dan membantu mengurangi gejala masalah pencernaan.
 

6. Membantu Kualitas Tidur 

Berjalan secara sadar dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan mental dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk tidur, yang dapat membantu meredakan insomnia dan meningkatkan pola tidur yang sehat.

Praktek berjalan sambil mempertimbangkan diri sendiri dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sebuah jalan santai di taman atau trotoar dapat menjadi kesempatan untuk lebih dekat dengan alam dan menghargai kehidupan. Fokuslah pada setiap langkah, pernapasan, dan sensasi tubuh.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/walking-meditation#digestion

https://www.mindful.org/6-ways-to-get-the-benefits-of-mindful-walking/

https://www.changetochill.org/stay-grounded-with-mindful-walking/

https://siyli.org/mindful-walk-benefits/

 

YesDok Ads