Seksualitas
Dewasa
+1

6 MANFAAT BERHUBUNGAN INTIM SAAT HAMIL

April 19, 2024 | Dea

berhubungan seks saat hamil, hubungan seks saat hamil, seks saat hamil muda, bolehkah berhubungan seks saat hamil, manfaat seks saat hamil, manfaat seks saat hamil 9 bulan, yesdok

Sobat Yesdok, selama kehamilan, hubungan seksual sering menjadi topik yang menimbulkan banyak pertanyaan dan mitos, tetapi ada banyak manfaat yang terkait dengan melakukannya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Hubungan Intim Saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa manfaat berhubungan intim saat hamil, antara lain:
 

1. Meningkatkan Koneksi Emosional dengan Pasangan

Pasangan yang sedang hamil dapat meningkatkan koneksi emosional mereka dengan berhubungan intim. Sentuhan fisik dan interaksi dekat dapat memperkuat ikatan emosional antara kedua orang tua, membuat mereka merasa lebih dekat dan terhubung satu sama lain.
 

2. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Ada bukti bahwa aktivitas seksual dapat menurunkan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Hormon oksitosin, yang dilepaskan selama orgasme, dapat membantu ibu hamil merasa lebih tenang dan bahagia.
 

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Aktivitas seksual dapat meningkatkan sirkulasi darah, termasuk aliran darah ke rahim. Ini dapat membantu memastikan bahwa janin menerima asupan oksigen dan nutrisi yang cukup serta mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti tekanan darah tinggi atau pembekuan darah.
 

4. Mengurangi Ketidaknyamanan Fisik

Selama kehamilan, beberapa wanita mungkin mengalami ketidaknyamanan fisik seperti nyeri punggung atau kram kaki. Namun, melakukan hubungan seksual dengan pasangan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan tersebut. Selama aktivitas seksual, hormon endorfin dilepaskan, yang berfungsi sebagai analgesik alami yang membantu mengurangi rasa sakit dan ketegangan.
 

5. Meningkatkan Produksi Hormon

Stimulasi seksual alami dapat membantu mempersiapkan tubuh secara fisik dan mental untuk persalinan, tetapi tidak disarankan untuk memulai aktivitas seksual dengan tujuan menginduksi persalinan karena aktivitas seksual dapat merangsang produksi hormon seperti prostaglandin.
 

6. Membantu Posisi Bayi

Beberapa posisi seksual, seperti posisi wanita di atas atau posisi samping, dapat membantu bayi berada dalam posisi yang lebih baik untuk melahirkan.

Pasangan yang memiliki hubungan seksual saat hamil dapat menikmati berbagai manfaat positif untuk diri mereka sendiri dan pasangan mereka. Dengan memahami manfaat ini dan berkomunikasi terbuka dengan pasangan, anda dapat menikmati hubungan seksual yang aman dan bermanfaat selama masa kehamilan. 



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nhs.uk/pregnancy/keeping-well/sex/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321648#effects-on-sex-drive

https://www.reproductivefertility.com/blog/4-benefits-of-having-sex-while-pregnant

YesDok Ads