6 MANFAAT AHA & BHA BAGI KULIT

January 25, 2024 | Dea

apa itu aha bha, aha bha adalah, manfaat bha dan aha, kegunaan aha bha, manfaat bha untuk wajah, manfaat serum aha bha, manfaat aha untuk kulit berjerawat, aha bha untuk jerawat, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah Anda bahwa Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah dua jenis asam yang digunakan secara luas dalam produk perawatan kulit dengan hasil yang luar biasa. Dalam artikel ini, kami akan membahas keenam manfaat utama AHA dan BHA untuk kesehatan kulit.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

Manfaat AHA untuk Kulit

Dua jenis asam eksfoliasi, AHA dan BHA, berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel-sel baru, dan meningkatkan tekstur kulit. AHA larut dalam air, sementara BHA larut dalam minyak, yang berarti keduanya dapat berfungsi pada berbagai lapisan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat AHA bagi kesehatan kulit, antara lain:
 

1. Eksfoliasi Kulit  yang Lembut

AHA, seperti asam glikolat dan asam laktat, lembut menghilangkan sel kulit mati, meningkatkan regenerasi sel kulit baru.
 

2. Peningkatan Produksi Kolagen

AHA mendorong pembentukan kolagen, protein struktural yang memberikan elastisitas dan kekencangan pada kulit.
 

3. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

AHA dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus dengan merangsang regenerasi sel kulit baru.

 

Manfaat BHA untuk Kulit
 

1. Eksfoliasi dalam Pori-pori

BHA, seperti asam salisilat, dapat menembus minyak di dalam pori-pori, membersihkannya, dan membantu mencegah jerawat dan komedo muncul.
 

2. Reduksi Kemerahan dan Peradangan

BHA memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit, membuatnya ideal untuk kulit sensitif atau berjerawat.
 

3. Kontrol Produksi Minyak

BHA dapat membantu mengatasi kulit berminyak dengan mengontrol produksi sebum.

 

Manfaat Bersama AHA dan BHA

 

1. Mencerahkan Kulit

Kulit yang sehat dan kilau dapat diperoleh dengan kombinasi AHA dan BHA.
 

2. Pemulihan dari Kerusakan Akibat Matahari

Keduanya dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dengan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.
 

3. Peningkatan Penyerapan Produk Kulit

AHA dan BHA meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya dan memaksimalkan manfaatnya. Dua asam kuat dalam perawatan kulit adalah AHA dan BHA. Jika digunakan dengan benar, mereka dapat menghasilkan kulit yang lebih sehat, bersih, dan bercahaya.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dermatologis agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/beauty/aha-bha-skin-exfoliate

https://www.medicalnewstoday.com/articles/aha-vs-bha#shared-benefits

https://www.healthline.com/health/aha-vs-bha

YesDok Ads