6 KEBIASAAN MEMBUAT MATA MINUS, HENTIKAN YUK!

December 28, 2023 | Dea

apa penyebab mata minus, kenapa mata minus, penyebab minus mata, akibat mata minus, apa yang membuat mata minus, ciri mata minus bertambah, ciri2 mata minus, kebiasaan buat mata minus, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu organ tubuh kita yang paling penting, mata harus tetap sehat. Sayangnya, beberapa kebiasaan sehari-hari yang mungkin tidak penting ternyata dapat memengaruhi kesehatan mata Anda, bahkan dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti mata minus. Dalam artikel ini, kami akan membahas enam kebiasaan sehari-hari yang dapat memengaruhi kesehatan mata Anda.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Kebiasaan Merusak Mata

Berikut ini beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak mata, antara lain:
 

1. Terlalu Banyak Waktu di Depan Layar Komputer dan Gadget

Kelelahan mata dan peningkatan risiko gangguan penglihatan, termasuk mata minus, dapat disebabkan oleh paparan terus-menerus pada layar komputer, tablet, dan smartphone. Keadaan ini dikenal sebagai "ketegangan mata" atau ketegangan mata.
 

2. Kurang Tidur atau Kualitas Tidur yang Buruk

Jika Anda tidak tidur cukup, Anda dapat mengalami masalah dengan mata Anda, seperti mata kering, iritasi, dan ketegangan. Tidur yang cukup sangat penting untuk membantu mata Anda pulih setelah menerima rangsangan yang berbeda sepanjang hari.
 

3. Merokok

Sebuah hubungan telah ditemukan antara kebiasaan merokok dan peningkatan risiko beberapa masalah kesehatan mata, termasuk degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada usia tua. Rokok juga dapat merusak pembuluh darah di mata dan menyebabkan peradangan.
 

4. Mengabaikan Perlindungan Mata dari Paparan Matahari

Ketika berada di bawah sinar matahari, sangat penting untuk menggunakan lensa kontak atau kacamata hitam yang dilengkapi dengan perlindungan sinar matahari karena paparan sinar matahari dapat merusak mata dan meningkatkan risiko pengembangan katarak.
 

5. Kurangnya Konsumsi Nutrisi yang Baik untuk Mata

Konsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi sangat penting untuk kesehatan mata. Kekurangan nutrisi tertentu seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta mineral seperti seng, meningkatkan risiko beberapa gangguan penglihatan. Untuk menjaga kesehatan mata Anda, Anda harus makan makanan yang kaya nutrisi.
 

6. Tidak Memberikan Istirahat Mata Saat Bekerja atau Membaca

Kelelahan dan ketegangan mata dapat terjadi karena bekerja terus-menerus tanpa istirahat. Praktik 20–20–20, yang berarti berfokus pada objek sejauh 20 kaki selama setidaknya 20 detik setiap dua puluh menit, dapat membantu mengurangi ketegangan mata.

 

Mengetahui dan menghindari kebiasaan ini dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda dan mengurangi risiko masalah penglihatan seperti mata minus. Selain itu, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur agar dapat mendeteksi masalah potensial sejak dini dan mencegah perkembangan masalah lebih lanjut.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9434525/

https://www.healthdirect.gov.au/eye-strain

https://www.jeffersonhealth.org/your-health/living-well/six-everyday-habits-that-could-hurt-your-eyesight

https://www.aarp.org/health/conditions-treatments/info-2021/bad-habits-for-eyes.html
 

YesDok Ads