6 KEBIASAAN BURUK MENGURANGI MASSA OTOT TUBUH, HINDARI YUK!

March 19, 2024 | Dea

massa otot, massa otot adalah, cara menambah massa otot, cara meningkatkan massa otot, apa itu massa otot, massa otot ideal, massa otot berkurang, penurunan massa otot adalah, yesdok

Sobat Yesdok, massa otot tubuh sangat penting untuk kesehatan dan kekuatan, tetapi menghindari beberapa kebiasaan buruk dapat menyebabkan penurunan massa otot. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Kebiasaan Mengurangi Massa Otot

Berikut adalah enam kebiasaan buruk yang perlu dihindari, antara lain:
 

1. Kurangnya Asupan Protein yang Cukup

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot, dan kekurangan protein dapat menyebabkan kehilangan massa otot. Ini karena tubuh tidak memiliki nutrisi yang diperlukan untuk membangun dan memperbaiki otot. Pastikan semua makanan mengandung protein sehat, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan tahu.
 

2. Kurangnya Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan atau resistensi adalah cara yang bagus untuk mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Banyak orang berfokus pada kardio dan mengabaikan latihan kekuatan. Melakukan latihan beban atau berat secara teratur akan membantu anda membangun dan memelihara massa otot.
 

3. Kurangnya Istirahat dan Pemulihan

Latihan sama pentingnya dengan istirahat dan pemulihan yang cukup. Overtraining dapat menyebabkan penurunan massa otot jika tidak ada istirahat dan pemulihan yang cukup. Pastikan tidur dengan kualitas yang baik setiap malam dan berikan tubuh waktu yang cukup untuk pulih antara sesi latihan.
 

4. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Pastikan minum cukup air untuk tetap hidrasi, karena konsumsi alkohol berlebihan dapat mengganggu metabolisme protein dan merusak otot. Alkohol juga dapat mengganggu tidur yang baik, yang penting untuk pemulihan otot yang baik.
 

5. Kurangnya Konsumsi Nutrisi Mikro

Nutrisi mikro, seperti vitamin dan mineral, juga penting untuk kesehatan otot, dan kekurangan nutrisi mikro seperti kalsium, magnesium, dan vitamin D dapat menyebabkan penurunan massa otot. Jika anda kesulitan memenuhi kebutuhan mikro setiap hari, pastikan untuk makan makanan yang mengandung banyak nutrisi mikro dan pertimbangkan untuk mengambil suplemen.
 

6. Stres yang Berlebihan

Stres jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penurunan massa otot. Stres juga dapat menyebabkan gangguan tidur dan kehilangan nafsu makan, yang juga dapat menyebabkan penurunan massa otot. Untuk mengurangi stres, coba meditasi, yoga, atau berolahraga ringan.

 

Anda dapat mencapai tujuan kebugaran dan kesehatan tubuh dengan memelihara dan meningkatkan massa otot dengan kombinasi latihan yang tepat, nutrisi yang seimbang, istirahat yang cukup, dan manajemen stres yang efektif. Anda juga harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengurangi massa otot.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/how-to-lose-muscle-mass

https://www.npr.org/sections/health-shots/2024/02/18/1231552773/protein-diet-muscle-strength-training-muscle-loss-women

https://wexnermedical.osu.edu/blog/building-muscle

 

YesDok Ads