6 GEJALA SCIATICA PADA SESEORANG

April 18, 2024 | Dea

Sciatica, sciatica adalah, sciatica pain adalah, sciatica adalah penyakit, apa itu sciatica, sciatica symptoms, obat sciatica, yesdok

Sobat Yesdok, Sciatica adalah ketika saraf yang mengontrol otot di bagian belakang lutut dan kaki tertekan atau teriritasi. Pengalaman ini dapat sangat tidak nyaman dan mengganggu. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Sciatica

Untuk membantu anda mengenali gejala-gejalanya, berikut adalah enam gejala utama Sciatica yang perlu diketahui, antara lain:
 

1. Nyeri yang Menyebar

Nyeri yang menjalar dari bagian bawah punggung hingga ke kaki adalah salah satu gejala sciatica paling umum. Nyeri ini bisa terasa seperti terbakar, rasa sakit tumpul, atau rasa sakit menusuk yang tajam.
 

2. Nyeri yang Memperburuk Posisi Duduk atau Berdiri

Seringkali, orang yang menderita sciatica mengalami peningkatan nyeri ketika duduk atau berdiri untuk waktu yang lama. Mereka juga mungkin merasa lebih nyaman ketika berbaring atau berjalan.
 

3. Rasa Kesemutan atau Mati Rasa

Sebagai akibat dari tekanan yang diberikan pada saraf oleh cakram intervertebral yang terjepit, sciatica dapat menyebabkan kesemutan atau mati rasa di bagian belakang lutut, kaki, atau jari kaki.
 

4. Melemahnya Otot

Kelemahan otot di kaki atau kaki yang terkena dapat disebabkan oleh sciatica. Saat berdiri, orang mungkin mengalami kesulitan untuk mengangkat kaki, berjalan dengan cara yang biasa, atau menekan dengan kuat.
 

5. Nyeri yang Membaik Saat Bergerak

Meskipun beristirahat dapat membantu mengurangi rasa sakit, bergerak atau berjalan sering menyebabkan gejala sciatica menjadi lebih buruk. Berolahraga ringan atau menggunakan teknik peregangan tertentu juga dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan.
 

6. Sensasi Rasa Sakit yang Ekstrem

Pada kasus yang lebih parah, sciatica dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat parah yang membatasi gerakan dan aktivitas sehari-hari, sehingga mengurangi kualitas hidup.

Dengan memahami gejala sciatica, anda dapat lebih waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang sesuai. Banyak orang dapat mengelola gejala mereka dengan baik dan kembali menjalani kehidupan yang aktif dan nyaman dengan perawatan yang tepat.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.pennmedicine.org/for-patients-and-visitors/patient-information/conditions-treated-a-to-z/sciatica

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sciatica/symptoms-causes/syc-20377435

https://www.hss.edu/condition-list_sciatica.asp

YesDok Ads