6 GEJALA MENGIDAP PES, WASPADAI YUK

February 27, 2024 | Dea

penyakit pes, penyakit pes adalah, penyakit pes disebabkan oleh, apa itu penyakit pes, hewan yang menyebabkan penyakit pes adalah, pes adalah penyakit, gejala penyakit pes, yesdok

Sobat Yesdok, Bakteri Yersinia pestis menyebabkan pes, yang sebelumnya dikenal sebagai "kematian hitam". Meskipun sekarang jarang terjadi, pes masih merupakan bahaya besar bagi kesehatan masyarakat. Sangat penting untuk memahami gejala infeksi pes. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Gejala Infeksi Pes  

Berikut adalah enam gejala utama yang harus diwaspadai, antara lain:
 

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Gejala pertama yang paling umum adalah pembengkakan kelenjar getah bening, yang disebut sebagai "bubon", yang biasanya terjadi di area leher, ketiak, atau pangkal paha. Bubon biasanya terasa sakit dan panas ketika disentuh.
 

2. Demam dan Menggigil

Tanda lain dari infeksi pes adalah demam tinggi dan sering menggigil. Demam dapat meningkat dengan cepat dan secara signifikan, menyebabkan gejala yang tidak nyaman bagi pasien.
 

3. Nyeri Sendi

Orang yang terinfeksi pes juga sering mengalami nyeri pada sendi tubuh mereka. Ini dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi sulit dan menyebabkan ketidaknyamanan yang besar.
 

4. Sakit Kepala yang Parah

Pada tahap awal infeksi pes, sakit kepala yang parah sering menjadi gejalanya. Ini dapat menjadi peringatan penting untuk mendapatkan perawatan medis segera.
 

5. Mual dan Muntah

Gejala umum lainnya yang dapat dialami oleh orang yang terinfeksi pes adalah muntah dan muntah. Reaksi tubuh terhadap infeksi bakteri atau efek samping dari demam dan kelelahan adalah penyebabnya.
 

6. Gangguan Pernapasan

Pada tahap yang lebih lanjut dari infeksi pes, seseorang dapat mengalami masalah pernapasan, terutama jika infeksi telah menyebar ke paru-paru. Batuk yang berdahak, sesak napas, dan nyeri dada seringkali merupakan gejala lainnya.

Sangat penting untuk mendapatkan perawatan medis segera jika anda atau seseorang yang dikenal mengalami satu atau lebih dari gejala ini setelah mungkin terpapar pes, pengobatan dini dengan antibiotik biasanya mengobati infeksi pes, tetapi penting untuk bertindak cepat untuk mencegah komplikasi serius atau kematian.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21590-bubonic-plague

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/plague/symptoms-causes/syc-20351291

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/plague

 

YesDok Ads