6 GEJALA LAMBUNG BOCOR, SIMAK YUK!

May 08, 2024 | Dea

lambung bocor, ciri ciri lambung bocor, penyebab lambung bocor, gejala lambung bocor, ciri2 lambung bocor, makanan penyebab lambung bocor, lambung bocor disebabkan oleh, tanda tanda lambung bocor, yesdok

Sobat Yesdok, Lambung bocor, juga dikenal sebagai "sindrom lambung bocor", adalah kondisi di mana dinding usus lebih mudah terbuka, memungkinkan zat-zat tertentu untuk melewati penghalang usus. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Lambung Bocor

Berikut adalah beberapa gejala yang terkait dengan lambung bocor, antara lain:
 

1. Masalah Pencernaan 

Masalah pencernaan seperti kembung, gas berlebihan, diare, atau sembelit adalah gejala umum lambung bocor. Ketika dinding usus bocor, makanan yang belum dicerna dapat masuk ke aliran darah, menyebabkan reaksi sistem kekebalan tubuh yang mengganggu pencernaan.
 

2. Alergi dan Intoleransi Makanan

Ini karena protein yang bocor dari usus ke dalam aliran darah dapat menyebabkan tubuh lebih sensitif terhadap makanan tertentu, yang dapat menyebabkan alergi atau intoleransi makanan.
 

3. Masalah Kulit  

Masalah kulit seperti jerawat, eksim, atau psoriasis adalah gejala lain dari lambung bocor. Sistem kekebalan tubuh dapat menanggapi zat asing yang keluar dari usus, menyebabkan peradangan, yang kemudian tercermin pada kulit. 
 

4. Kelelahan Kronis

Tingkat energi tubuh dapat berkurang ketika tubuh harus melawan zat asing karena lambung bocor. Ini dapat menyebabkan kelelahan jangka panjang atau rasa lelah. Respons peradangan yang berkepanjangan juga dapat mempengaruhi tingkat energi tubuh.
 

5. Nyeri Sendi dan Otot 

Peradangan yang disebabkan oleh lambung bocor tidak hanya mempengaruhi pencernaan, tetapi juga dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh, seperti persendian dan otot. Peradangan ini dapat menyebabkan kekakuan, nyeri sendi, atau nyeri otot, yang sering dikaitkan dengan kondisi autoimun.
 

6. Masalah Autoimun

Lambung bocor dapat meningkatkan risiko kondisi autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan tubuh sendiri. Ketika dinding usus bocor, protein asing dapat masuk ke aliran darah, memicu respon autoimun, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit autoimun seperti penyakit Crohn atau RA.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.health.harvard.edu/blog/leaky-gut-what-is-it-and-what-does-it-mean-for-you-2017092212451

https://www.healthline.com/nutrition/is-leaky-gut-real

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/22724-leaky-gut-syndrome

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.