6 GEJALA KANKER PAYUDARA PADA PUTING WANITA

April 05, 2024 | Dea

gejala kanker payudara, gejala awal kanker payudara, tanda tanda kanker payudara, ciri benjolan kanker payudara, tanda2 kanker payudara, ciri2 kanker payudara stadium awal, gejala kanker payudara stadium awal, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu jenis kanker yang paling banyak didiagnosis pada wanita di seluruh dunia adalah kanker payudara. Sangat penting untuk mengetahui gejalanya, termasuk gejala puting, karena deteksi dini meningkatkan kemungkinan penyembuhan yang berhasil. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Gejala Kanker Payudara

Berikut adalah enam gejala kanker payudara pada puting wanita yang perlu diwaspadai, antara lain:
 

1. Perubahan Bentuk atau Ukuran Puting

Perubahan bentuk atau ukuran puting secara tiba-tiba adalah salah satu gejala kanker payudara. Perubahan ini bisa termasuk pembengkakan, penonjolan, atau perubahan bentuk secara keseluruhan.
 

2. Retraksi atau Penarikan Puting

Kondisi di mana puting yang biasanya menonjol keluar malah tertarik ke dalam disebut retraksi puting. Hal ini dapat disertai dengan ketidaknyamanan atau rasa sakit. Retraksi puting dapat menjadi tanda kanker payudara, terutama pada satu sisi.
 

3. Kulit di Sekitar Puting Mengalami Perubahan

Selain itu, perubahan pada kulit di sekitar puting dapat menunjukkan gejala kanker payudara. Ini mungkin termasuk kulit kemerahan, mengelupas, atau mengalami perubahan tekstur seperti menjadi lebih kasar atau berkerut. Selain itu, perhatikan luka atau keropeng yang tidak sembuh di area tersebut.
 

4. Cairan Abnormal yang Keluar dari Puting

Keluarnya cairan dari puting, terutama jika berwarna darah atau tanpa tekanan, dapat menjadi gejala kanker payudara. Cairan ini juga bisa berwarna kecoklatan, kuning, atau hijau.
 

5. Perubahan Sensasi atau Sensitivitas pada Puting

Wanita yang menderita kanker payudara juga mungkin mengalami perubahan sensasi atau sensitivitas pada puting mereka. Ini mungkin termasuk rasa sakit, kesemutan, atau nyeri yang tak terduga. 
 

6. Munculnya Benjolan di Dekat Puting

Adanya benjolan yang teraba di payudara adalah salah satu tanda utama kanker payudara. Namun, dalam beberapa kasus, benjolan juga dapat muncul di dekat atau di bawah puting, dan mereka mungkin keras dan tidak bergerak saat disentuh. 

Meskipun beberapa gejala di atas dapat disebabkan oleh kondisi lain yang tidak berbahaya, penting untuk tidak mengabaikannya. Deteksi dini kanker payudara sangat penting untuk keberhasilan pengobatan.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cancer.org/cancer/types/breast-cancer/screening-tests-and-early-detection/breast-cancer-signs-and-symptoms.html

https://www.cdc.gov/cancer/breast/basic_info/symptoms.htm

https://www.nhs.uk/conditions/breast-cancer-in-women/symptoms-of-breast-cancer-in-women/

 

YesDok Ads