6 GEJALA IMPETIGO BULOSA PADA KULIT ANAK

January 30, 2024 | Dea

impetigo bulosa adalah, bakteri impetigo, penyakit kulit impetigo, impetigo anak, penyebab impetigo, gejala impetigo, impetigo pada anak, impetigo bulosa pada bayi, yesdok

Sobat Yesdok, pernahkah anda melihat kondisi kulit melepuh yang melebar berwarna kemerahan hingga dapat menggembung, berujung pada luka lecet pada kulit anak? Kondisi ini disebut Impetigo bulosa. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Gejala Impetigo Bulosa 

Infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, terutama Staphylococcus aureus dan Streptococcus pyogenes, dikenal sebagai impetigo bulosa, biasanya terjadi pada anak-anak dan ditandai dengan munculnya gelembung besar berisi cairan pada kulit. 

Berikut adalah beberapa gejala Impetigo Bulosa, antara lain:
 

1. Gelembung Berisi Cairan

Munculnya gelembung cair pada kulit anak adalah tanda impetigo bulosa yang paling umum. Gelembung-gelembung ini mungkin berukuran besar dan mengandung cairan bening atau kuning kecoklatan. Seringkali mereka pecah, meninggalkan luka terbuka.
 

2. Kulit yang Meradang dan Merah

Ketika kulit di sekitar area impetigo bulosa meradang dan berwarna merah, peradangan ini dapat menyebar ke sekitar gelembung dan menyebabkan nyeri atau gatal pada anak.
 

3. Perubahan Bentuk Gelembung

Impetigo bulosa dapat memiliki gelembung yang berkembang menjadi bentuk yang lebih besar dan tipis. Mereka cenderung pecah dengan mudah, meninggalkan luka basah yang dapat menyebabkan infeksi lainnya.
 

4. Timbulnya Kerak atau Kusta Kuning

Setelah gelembung pecah, dapat terbentuk kerak atau kusta kuning di permukaan kulit. Meskipun anda masih perlu mendapatkan perawatan medis, ini menunjukkan bahwa infeksi sedang sembuh.
 

5. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Impetigo bulosa kadang-kadang dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di area yang terkena. Sistem kekebalan tubuh mungkin mengalami pembengkakan saat berusaha melawan infeksi.
 

6. Demam dan Ketidaknyamanan Umum

Anak-anak dengan impetigo bulosa mungkin juga mengalami demam yang ringan dan tidak nyaman. Ini adalah reaksi tubuh terhadap infeksi dan dapat menyertai kondisi ini.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/infections-and-poisoning/impetigo

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK430974/

https://www.aafp.org/pubs/afp/issues/2014/0815/p229.html

YesDok Ads