6 DAMPAK TRAUMA PADA KESEHATAN TUBUH

April 24, 2024 | Dea

dampak trauma, dampak trauma pada anak, dampak trauma psikologis, dampak dari trauma, dampak trauma masa kecil, dampak negatif trauma, dampak trauma fisik, yesdok

Sobat Yesdok, ketika seseorang memiliki trauma hal tersebut akan berdampak signifikan pada kesehatan tubuh. Selain mengganggu kesehatan psikis, seseorang juga akan mengalami gangguan kesehatan pada tubuhnya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Dampak Trauma 

Berikut adalah enam dampak dan penjelasan mengenai bagaimana trauma dapat mempengaruhi kesehatan fisik, antara lain:
 

1. Nyeri Kepala

Stres dan ketegangan yang disebabkan oleh trauma dapat menyebabkan sakit kepala, seperti migrain atau sakit kepala tegang. Sakit kepala ini mungkin terjadi karena otot menegang sebagai reaksi terhadap stres.
 

2. Gangguan Tidur

Trauma dapat mengganggu pola tidur seseorang. Penderita trauma mungkin mengalami insomnia atau tidur yang tidak nyenyak karena kecemasan atau mimpi buruk yang terkait dengan peristiwa traumatis.
 

3. Nyeri Otot dan Tubuh

Seringkali, trauma menyebabkan ketegangan otot yang berlebihan, yang dapat menyebabkan nyeri pada berbagai bagian tubuh, seperti nyeri pada otot punggung, leher, dan bahu.
 

4. Perubahan Nafsu Makan

Trauma dapat memengaruhi nafsu makan. Beberapa orang mungkin kehilangan nafsu makan mereka, sementara orang lain mungkin makan berlebihan karena stres atau kecemasan, yang dapat menyebabkan perubahan berat badan.
 

5. Gangguan Pencernaan

Trauma dapat mempengaruhi sistem pencernaan, menyebabkan masalah seperti sakit perut, nyeri, atau diare. Ini bisa terjadi karena stres dan ketegangan, yang mempengaruhi pergerakan usus dan produksi enzim pencernaan.
 

6. Kelelahan

Trauma dapat menyebabkan kelelahan yang kronis. Stres dan kecemasan yang berlebihan juga dapat menguras energi, menyebabkan tubuh merasa lelah bahkan saat tidur atau istirahat.

Trauma berdampak pada kesehatan fisik dan mental, seperti yang ditunjukkan oleh enam efek ini. Jika anda mengalami gejala ini setelah mengalami trauma, penting untuk mendapatkan bantuan profesional segera karena intervensi awal dapat mengurangi dampak dan meningkatkan pemulihan.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK207191

https://www.mind.org.uk/information-support/types-of-mental-health-problems/trauma/effects-of-trauma/

https://www.healthline.com/health/traumatic-events

YesDok Ads