6 DAMPAK MENCUCI CANGKANG TELUR

March 18, 2024 | Dea

apakah telur boleh dicuci, telur tidak boleh dicuci, kenapa telur tidak boleh dicuci, cara mencuci telur bebek, apakah telur harus dicuci, apakah telur perlu dicuci, bolehkah mencuci telur ayam, yesdok

Sobat Yesdok, banyak orang biasanya mencuci cangkang telur sebelum menyimpannya di dapur. Apakah anda tahu bahwa tindakan ini mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan?

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Bahaya Mencuci Telur

Berikut adalah enam dampak mencuci cangkang telur yang perlu anda pertimbangkan, antara lain:
 

1. Menghilangkan Lapisan Pelindung Alami

Mencuci telur dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri karena cangkang telur memiliki lapisan tipis yang disebut cuticle, atau lapisan pelindung alami, yang melindungi telur dari bakteri dan menjaga kelembaban di dalamnya.
 

2. Meningkatkan Penetrasi Bakteri

Kontaminasi bakteri seperti Salmonella dapat meningkat setelah cangkang telur dicuci dan lapisan pelindungnya dihilangkan. Bakteri ini dapat dengan mudah masuk ke cangkang telur yang rentan dan mencemari isinya.
 

3. Memperburuk Kualitas Telur

Mencuci telur dapat merusak integritas cangkang, menyebabkan kehilangan kelembaban, dan mempercepat degradasi kualitas telur. Akibatnya, telur menjadi lebih rentan terhadap kerusakan dan infeksi bakteri, dan umur penyimpanan mereka dapat berkurang.
 

4. Mempercepat Kerusakan Telur

Mencuci telur dapat mempercepat kerusakan fisik pada cangkang, meningkatkan risiko kontaminasi, dan menurunkan kualitas, tetapi cangkang telur adalah perlindungan alami yang membantu menjaga telur tetap bersih dan segar.
 

5. Potensi Bakteri pada Cangkang Pecah

Telur yang cangkangnya pecah lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri dari lingkungannya. Mencuci telur yang pecah dapat memperburuk kondisi ini karena membuka jalan bagi bakteri untuk masuk ke dalamnya.
 

6. Kebutuhan Pendinginan yang Cepat

Perlakuan khusus diperlukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya setelah cangkang telur dicuci karena bakteri lebih mudah menembus cangkang dan mencemari isinya.

 

Mencuci cangkang telur mungkin terlihat seperti cara yang bagus untuk membersihkan, tetapi itu hanya akan menyebabkan lebih banyak masalah daripada menyelesaikannya. Lapisan pelindung alami pada cangkang telur melindungi telur dari kontaminasi bakteri dan meningkatkan kualitasnya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari mencuci cangkang telur, sebaliknya, hanya membersihkannya dengan lembut jika ada kotoran yang terlihat. Selain itu, pastikan untuk menyimpan telur dengan benar dan memasaknya pada suhu yang aman untuk memastikan bahwa telur aman untuk dimakan.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3951326/

https://foodsafetyworks.com/insights/cleaning-of-eggs-and-its-effects/

https://jasbsci.biomedcentral.com/articles/10.1186/s40104-020-00459-w

 

YesDok Ads