Diet
+1

6 CARA UNTUK MENERAPKAN DIET SEHAT

February 20, 2024 | Dea

cara diet sehat, cara diet alami dan sehat, cara diet sehat dan cepat tanpa olahraga, cara diet sehat alami dalam 1 minggu, cara diet yang benar dan sehat untuk wanita, cara diet sehat untuk anak usia 13 tahun, yesdok

Sobat Yesdok, pola makan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan yang optimal. Tujuan diet yang sehat dapat dicapai dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Cara Menerapkan Diet

Berikut adalah enam cara yang dapat membantu anda menerapkan diet sehat, antara lain:
 

1. Kendalikan Porsi Makanan 

Memperhatikan ukuran porsi makanan adalah penting untuk diet sehat karena terlalu banyak makan, bahkan makanan yang sehat, dapat menyebabkan anda mengonsumsi terlalu banyak kalori. Cobalah untuk membatasi porsi makanan dengan menggunakan piring yang lebih kecil, mengukur makanan, dan perhatikan bagaimana tubuh anda menunjukkan sudah kenyang.
 

2. Konsumsi Beragam Makanan

Pastikan diet anda terdiri dari berbagai jenis makanan, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, protein hewani dan tanaman, serta lemak sehat. Berbagai kelompok makanan memberikan nutrisi yang berbeda-beda yang diperlukan tubuh untuk tetap sehat.
 

3. Prioritaskan Sayuran dan Buah-buahan

Sebagai sumber serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh, cobalah untuk memasukkan setidaknya lima porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari.
 

4. Kurangi Konsumsi Gula dan Garam

Mengurangi jumlah garam dan gula yang dikonsumsi dapat membantu anda mengurangi risiko penyakit jangka panjang seperti diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk mengurangi jumlah makanan dan minuman yang tinggi gula tambahan, membatasi jumlah garam yang digunakan saat memasak, dan pilih makanan olahan dengan jumlah garam yang lebih rendah.
 

5. Perhatikan Kualitas Lemak

Pilih lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak, hindari lemak jenuh dan trans yang ditemukan dalam makanan olahan dan makanan cepat saji karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.
 

6. Minum Air Secukupnya

Bagian penting dari diet sehat adalah memastikan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Minum air secukupnya setiap hari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, meningkatkan energi, dan membantu pencernaan anda bekerja dengan baik.

Anda dapat mempertahankan diet yang seimbang dan sehat dengan mengikuti enam metode ini. Ingatlah bahwa penting untuk melihat diet dan gaya hidup secara keseluruhan, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.healthline.com/nutrition/healthy-eating-tips#portion-control

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC10407815/

https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/how-to-eat-a-balanced-diet/eight-tips-for-healthy-eating/
 

YesDok Ads