6 CARA TERHINDAR DEHIDRASI SAAT BERPUASA

March 22, 2024 | Dea

Terhidrasi, hidrasi adalah, cara menghidrasi kulit, menghidrasi kulit, perbedaan hidrasi dan dehidrasi, contoh hidrasi, yesdok

Sobat Yesdok, selama Ramadhan, penting untuk tetap terhidrasi agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Kekurangan hidrasi dapat mengganggu kesehatan dan kenyamanan. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Cara Terhidrasi Saat Berpuasa

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk menjaga diri tetap terhidrasi saat berpuasa, antara lain:
 

1. Minum Air Secukupnya saat Berbuka dan Sahur

Tubuh membutuhkan air sebagai sumber hidrasi utamanya, jadi jangan lupa untuk minum setidaknya delapan gelas air setiap hari saat berbuka dan sahur. Ini akan membantu anda mengganti cairan yang hilang selama berpuasa.
 

2. Hindari Minuman Berkafein dan Berkarbonasi

Karena sifat diuretiknya, minuman seperti kopi, teh, dan minuman berkarbonasi meningkatkan tingkat dehidrasi, jadi selama Ramadan, hindari minuman ini dan gantilah dengan air atau jus buah segar.
 

3. Konsumsi Buah dan Sayuran yang Mengandung Air Tinggi

Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air, seperti semangka, timun, jeruk, tomat, dan selada, dapat membantu meningkatkan hidrasi tubuh anda.
 

4. Batasi Konsumsi Makanan Asin dan Pedas

Batasi makanan asin dan pedas saat berpuasa agar tidak memperparah dehidrasi anda. Pilihlah makanan dengan sedikit garam dan hindari makanan pedas karena dapat meningkatkan kebutuhan akan air.
 

5. Konsumsi Minuman Elektrolit

Selama berpuasa, minuman yang mengandung elektrolit, seperti air kelapa atau minuman olahraga, dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang. Ini menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengurangi risiko dehidrasi dan kelelahan.
 

6. Jaga Konsumsi Makanan Bernutrisi

Selama Ramadhan, pilihlah makanan sehat seperti sup, buah-buahan, sayuran, dan sumber protein yang kaya akan nutrisi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh anda.

Selama berpuasa, anda dapat tetap terhidrasi dan sehat dengan mengikuti enam saran sederhana ini. Jika mengalami gejala dehidrasi seperti mulut kering, sakit kepala, dan kelelahan, segera minum air. 


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://guardian.ng/life/tips-to-stay-hydrated-during-ramadan/

https://healthwire.pk/healthcare/8-ways-to-keep-yourself-hydrated-this-ramadan/

https://thenationonlineng.net/6-ways-to-avoid-dehydration-during-ramadan/

 

YesDok Ads