6 CARA RAWAT TALI PUSAR BAYI BARU LAHIR YUK!

January 12, 2024 | Dea

cara merawat tali pusar bayi, cara merawat tali pusar bayi agar cepat kering, cara merawat tali pusar bayi baru lahir, cara merawat tali pusar bayi yang baru lepas, cara merawat tali pusar bayi , yesdok

Sobat Yesdok, merawat tali pusat bayi baru lahir adalah langkah penting dalam perawatan bayi yang harus diperhatikan oleh orang tua. Tali pusat berfungsi sebagai hubungan penting antara bayi dan plasenta selama dalam kandungan dan setelah kelahiran, dan diperlukan perawatan yang tepat untuk memastikan bahwa tali pusat sembuh dengan baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

6 Cara Merawat Tali Pusar Bayi

Berikut ini beberapa cara merawat tali pusar bayi baru lahir, antara lain:
 

1. Membersihkan dengan Lembut

Hindari menggunakan alkohol atau produk yang dapat menyebabkan iritasi saat membersihkan tali pusat, gunakan kapas dan air hangat.
 

2. Pastikan Kebersihan dan Kering

Setelah dibersihkan, tali pusat harus tetap bersih dan kering. Untuk mencegah penyebaran bakteri, gunakan popok yang tidak mengganggu area tali pusat.
 

3. Hindari Pencucian yang Terlalu Sering

Membersihkan tali pusat hanya saat mandi atau jika ada kotoran yang terlihat, terlalu sering membersihkannya dapat menghambat proses penyembuhan.
 

4. Hindari Penggunaan Produk Kimia

Menggunakan produk kimia seperti hidrogen peroksida atau alkohol pada tali pusat tidak diperlukan. Untuk merawat tali pusat bayi baru lahir, pembersihannya dengan air hangat sudah cukup.
 

5. Pertahankan Posisi Tali Pusat yang Tepat

Untuk memastikan bahwa tali pusat dapat mengering dengan baik, jangan biarkan tali pusat tertutup oleh lipatan popok, hal ini dapat menyebabkan kelembaban dan kotoran terkumpul di dalamnya.
 

6. Perhatikan Tanda Infeksi atau Komplikasi

Jika anda menemukan tanda-tanda infeksi seperti bau tidak sedap, kemerahan yang berlebihan, atau keluarnya nanah, segera hubungi dokter.

Merawat tali pusat bayi baru lahir sangat penting bagi orang tua. Para orang tua dapat memastikan penyembuhan yang optimal dan mencegah komplikasi dengan mengikuti protokol perawatan yang tepat. Selalu berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami kekhawatiran atau tanda-tanda infeksi tali pusat. Orang tua dapat memberikan perawatan terbaik untuk tali pusat bayi mereka dengan perhatian yang cermat.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-umbilical-cord

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/umbilical-cord/art-20048250

https://my.clevelandclinic.org/health/treatments/11308-umbilical-cord-appearance-and-care

 

YesDok Ads