6 CARA MENJAGA KESEHATAN PENIS, PRIA WAJIB TERAPIN INI YUK!

January 10, 2024 | Dea

cara merawat penis, perawatan penis, cara menjaga kesehatan penis, menjaga kesehatan penis, cara merawat mr p, cara menjaga organ reproduksi pria, penis hygiene, penis sehat, yesdok

Sobat Yesdok, kesehatan penis sangat penting untuk kesehatan pria secara keseluruhan. Perhatian khusus dan perawatan yang tepat diperlukan untuk menjaga organ vital ini tetap sehat dan berfungsi dengan baik. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Cara Menjaga Kesehatan Penis

Berikut beberapa cara menjaga atau merawat kesehatan penis, antara lain:

 

1. Membersihkan dengan Lembut dan Tepat

Sangat penting untuk menjaga area genital tetap bersih. Anda dapat mencegah infeksi dan iritasi dengan membersihkan penis secara teratur dengan air hangat dan sabun lembut. Jika ada, bersihkan lipatan dan bawah kulup dengan hati-hati.
 

2. Menggunakan Pelumas Saat Berhubungan Seksual 

Untuk menghindari reaksi alergi, gunakan pelumas berbasis air saat berhubungan seksual untuk mengurangi gesekan yang berlebihan dan mencegah luka atau iritasi pada penis.
 

3. Praktikkan Seks Aman

Menggunakan kondom adalah langkah penting untuk mencegah penularan PMS. Melakukan seks aman dapat melindungi penis dan seluruh tubuh.
 

4. Jaga Berat Badan dan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat dan obesitas dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seksual, termasuk disfungsi ereksi. Untuk menjaga kesehatan penis, anda dapat menjaga berat badan ideal, berolahraga secara teratur, dan mematuhi pola makan yang sehat.
 

5. Hindari Rokok dan Batasi Konsumsi Alkohol

Untuk menjaga aliran darah yang sehat ke organ vital, hindari atau batasi konsumsi rokok dan alkohol karena keduanya dapat merusak pembuluh darah, termasuk yang menuju ke penis.
 

6. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

Salah satu cara proaktif untuk menemukan masalah kesehatan pada penis dan organ reproduksi lainnya adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dengan dokter. Periksakan diri secara teratur, terutama jika ada keluhan atau perubahan yang mencurigakan.

Pria dapat mempertahankan kesehatan penis mereka, meningkatkan kualitas hidup seksual mereka, dan mencegah potensi masalah kesehatan dengan melakukan tindakan ini. Mengingat bahwa kesehatan pria secara keseluruhan bergantung pada kesehatan penis, tindakan ini membantu organ vital ini secara langsung dan juga kesejahteraan keseluruhan tubuh.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/penis-health#general-tips

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/mens-health/in-depth/penis-health/art-20046175

https://www.medicalnewstoday.com/articles/healthy-penis#lifestyle-factors

 

YesDok Ads